Warga Jangan Segan Laporkan RS Nakal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Warga Jangan Segan Laporkan RS Nakal

BOYOLALI, RAJA – Masyarakat di wilayah Boyolali, Jawa Tengah, diminta tak segan melapor ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan setempat jika mendapatkan perlakuan tak nyaman dari pihak rumah sakit (RS). Menurut BPJS Kesehatan setiap warga Indonesia tanpa terkecuali berhak mendapatkan layanan kesehatan yang setara tanpa diskriminasi.

“Warga tak perlu sungkan untuk melapor atau protes kepada kami [BPJS Kesehatan] jika mendapatkan perlakuan yang buruk atau tak menyenangkan dari pihak rumah sakit. Kamilah yang nantinya akan mengingatkan dan menegur RS,” ujar Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan (MPKR) Niyan Lestari saat kegiatan sosialisiasi BPJS Kesehatan di Boyolali, Kamis (27/8).

Niyan mengatakan hotline service BPJS Kesehatan Boyolali ialah 0821-354-850-50. Melalui nomor pengaduan tersebut warga yang ingin protes atau mengeluh bisa langsung mengirimkan pesan pendek atau telepon ke nomor tersebut.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), menurut Niyan, memberikan perlindungan kesehatan kepada setiap warga negara tanpa terkecuali. Sehingga, tak dibenarkan jika ada pihak rumah sakit masih membedakan layanan kepada pasien BPJS. “Jangan khawatir untuk melapor atau komplain. Orang lapor tak akan dipolisikan, sebab itu demi perbaikan layanan kesehatan kita semua,” tegasnya.

Niyan tak menampik selama ini masih banyak warga pengguna jasa PBJS kesehatan yang mengeluh atas layanan kesehatan dari pihak RS. Namun, keluhan tersebut rata-rata hanya disimpan dalam hati atau hanya sekadar bahan ngerumpi. Menurut Niyan, warga harus mulai berani membangun tradisi berani menyampaikan keluhan kepada pemerintah atau rumah sakit demi perbaikan pelayanan.

Kepala BPJS Kesehatan Boyolali, Nurifansyah, menambahkan saat ini capaian kepesertaan BPJS Kesehatan di wilayah Kota Susu untuk pekerja penerima upah (PPU) baru mencapai 67%. Sementara total kepesertaan BPJS Kesehatan dari berbagai segmen mencapai 94%. Ia menjelaskan target total kepesertaan BPJS Kesehatan sebanyak 1.590.159. Dari target tersebut, saat ini telah tercapai 1.507.605 peserta. (sp)

Click to comment
To Top