Warga Nikmati Pembangunan di Masa Kepemimpinan Idris Syukur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Warga Nikmati Pembangunan di Masa Kepemimpinan Idris Syukur

FAJARONLINE, BARRU — Siapa yang menanam, dia yang akan menuai. Pesan bijak itu nampaknya pas ditujukan ke Andi Idris Syukur. Kepemimpinannya selama lima tahun terakhir memajukan Barru, kini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pembangunan infrastruktur yang merata, masuknya jaringan listrik di sejumlah wilayah pelosok dan terpencil, serta meningkatnya hasil panen di sektor pertanian, menjadi penanda jika Barru sedang bersolek menjadi kabupaten yang maju di Sulsel.

Atas pencapaian itu, sebagian masyarakat tanpa sungkan memberi pujian terhadap kepemimpinan Idris Syukur selama lima tahun terakhir, dan menaruh harapan pembangunan itu bisa terus dilanjutkan.

Warga asal Balusu, Sukardi menuturkan, selama kepemimpinan Idris, masyarakat bisa merasakan pembangunan yang tidak lagi berfokus pada kecamatan tertentu, melainkan sudah merata tanpa ada sekat-sekat wilayah.

“Dulu pembangunan, baik jalan dan infrastruktur, daerah bagian bawah terkadang di anak tirikan. Tapi alhamdulillah, selama Puang Idris jadi bupati, pembagian jatah pembangunan sudah merata dengan kecamatan lainnya,” kata Ardi, Senin 31 Agustus.

Pernyataan senada dilontarkan pedagang yang bermukim di kota Barru, Andi Jaya. Menurutnya, geliat perekonomian selama ini semakin membaik. Selain banyaknya lahan pekerjaan terbuka, juga keberpihakan terhadap pengusaha lokal.

“Pak Idris sudah memberikan bukti, bahwa selama kepemimpinannya benar-benar berpihak ke pedagang dan pengusaha menengah kecil. Barru salah satu daerah yang tidak memberi ruang ke pengusaha kakap membuka modern market. Ini tanda, roda perekonomian kita digerakkan oleh warganya sendiri,” tegas Jaya.

Tak mau kalah, sejumlah komunitas nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sumpang, juga memberi apresiasi atas kepemimpinan Idris yang dianggap peduli terhadap nelayan dan penjual ikan.

“Kita bersyukur, hasil tangkapan ikan nelayan di laut, bisa cepat terjual dengan adanya TPI yang dibangun beliau (Idris),” kata salah seorang nelayan yang diamini nelayan lainnya saat bersilaturahmi dengan Idris, belum lama ini.

Sementara itu, petani asal Pujananting, Bahar, mengakui, selama Barru dikendalikan mantan Kepala Dinas Kehutanan Sulsel itu, masyarakat bisa memetik hasil alam secara signifikan, karena banyaknya bantuan dan program pemerintah ke sektor pertanian.

“Kami juga merasa terlindungi, karena beliau tidak memanfaatkan jabatannya merampas tanah rakyat untuk kepentingan pribadinya. Dan di wilayah kami, beliau sama sekali tidak punya tanah,” sebutnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo memberi pujian ke Idris yang dianggap sukses mempercepat berbagai pembangunan. Seperti pembebasan lahan rel kereta api, maupun infrastruktur lainnya.

“Kalau pembangunan rel kereta api bisa berjalan seperti ini di Barru, itu karena tidak lepas dari kecepatan Pak Idris Syukur,” sanjung Syahrul di depan pejabat Kementerian Perhubungan, belum lama ini. (rilis/wik)

loading...
Click to comment
To Top