Aji – Gani Ditetapkan, Dua Paslon Gugat Hasil KPU – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Aji – Gani Ditetapkan, Dua Paslon Gugat Hasil KPU

FAJARONLINE, SELAYAR — Pasangan Aji Sumarno dan Abdul Gani belum sepenuhnya bisa berhirup lega. Pasalnya, setelah pihak komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Selayar menetapkan sebagai calon dan memberikan nomor urut 3 pada pemilukada Selayar, Sabtu 29 agustus di kantor KPU Selayar lalu. 


Dua pasangan calon lainnya tidak tinggal diam. Keduanya telah mempersiapkan laporan gugatan terhadap keputusan KPU yang menetapkan sebagai calon. Dimana kedua calon terus menganggap bahwa KPU menetapkan pasangan diluar yang telah ditetapkan sesuai SK Nomor : 85/Kpts/KPU Kab -024.4333237/2015 pada tanggal 24 Agustus 2015.

Pelaporan KPUD ini akan dilakukan terlebih dahulu ke Panwaslu Kabupaten Selayar kemudian akan diteruskan ke DKPP.

Basli Ali sebagai calon Bupati kepada FAJARONLINE mengatakan, tidak terlalu mempersoalkan secara utama diakomodirnya pasangan Aji Sumarno – Abd Gani sebagai kontestan. Tetapi, kata Basli, ia hanya melihat ada keterpihakan penyelenggara dengan salah satu calon.

“Kami tidak mempersoalkan calon lain. Cuman kan tim hukum kami melihat ada keganjilan dari keputusan ini. Sehingga dengan begitu mengurangi ketidakpercayaan kami dengan penyelenggara. Makanya untuk mengetahui independensi penyelenggara kita tempuh gugatan itu,” kata Basli Ali saat didatangi Sekretariat Gerindra Selayar Jl Ahmad Yani.

Sekertaris tim pemenangan pasangan Basli Ali – Zainuddin atau “BAZ” Suardi menilai penetapan yang dilakukan KPUD Selayar merupakan kecenderungan keberpihakan. Hal tersebut membuktikan tidak berkompetennya penyelenggara sehingga akan dilaporkan ke Panwas kemudian dilaporkan ke DKPP.

“Kami akan laporkan KPU ke Panwas mungkin besok dan selanjutnya melapor ke DKPP. Dalam hal ini bukan hanya KPU saja yang dilapor tapi juga panwas dilapor ke DKPP karena keberpihakan dalam UU, yang bisa diperbaiki hanya syarat calon bukan syarat pencalonan setahu saya,” tambahnya.

Terpisah, Divisi Hukum Pasangan Saiful – Djunaedy, Muhammadin mengemukakan, saat ini pihaknya telah mengumpulkan data-data untuk kemudian akan disetor masuk ke Panwaslu. Dengan alasan yang sama bahwa pihak KPUD telah menetapkan pasangan Aji Sumarno sebagai kandidat telah terjadi keberpihakan. Menurutnya, KPUD sebelumnya telah mengeluarkan surat keputusan bahwa pasangan Aji Sumarno – Abd Gani telah tidak memenuhi Syarat (TMS),  belakangan itu berubah menjadikan memenuhi syarat(MS)

“Kita melihat KPU tidak konsisten terhadap surat yang sebelumnya telah dikeluarkan. Inilah yang mendasari kita untuk menguji independesi para penyelengara. Kita upayakan, pekan ini akan kami laporkan,” ucapnya. (taq/wik)

loading...
Click to comment
To Top