Demo Buruh Pindah ke Patung Kuda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Demo Buruh Pindah ke Patung Kuda

JAKARTA – Ribuan buruh akan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran di Jakarta. Namun, dengan kehadiran ribuan buruh se-Jabodetabek itu tidak mengganggu arus lalu lintas di Bundaran Hotel Indonesia, Selasa (1/9).

Sejatinya, sekitar pukul 09.33 WIB, sejumlah massa buruh sudah berada di Bundaran HI. Beberpa yang berkumpul di sana di antaranya adalah massa dari FSPMI (Federasi serikat pekerja metal Indonesia). Mereka berdiri di trotoar dekat Hotel Kempinski.

Nah, agar keberadaan mereka tak mengganggu lalu lintas, polisi pun akhirnya memindahkan titik kumpul para buruh itu di sekitaran patung kuda jalan Thamrin-Merdeka Barat. “Setelah kemarin negosiasi kemarin kami pindahkan ke patung kuda,” ungkap Kapolsek Menteng AKBP Dedy Tabrani.

Sementara itu beberapa buruh menerangkan soal aksi yang dilakukannya. “Kami memang mengarahkan massa ‎aksi ke patung kuda. Titik kumpul di sana,” kata Jono, salah satu anggota FSPMI, di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (1/9).

Jono menyatakan, ada beberapa tuntutan yang akan disampaikan buruh‎ pada aksi hari ini. Salah satunya adalah penolakan terhadap upah murah. Kemudian para buruh juga meminta perbaikan BPJS.

Jono mengatakan, para buruh juga menolak masuknya buruh asing. Pasalnya, kedatangan buruh asing memberikan kerugian bagi buruh Indonesia. “Karena buruh kita banyak ter-PHK,” ucapnya. (gil/ jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top