Digugat Paslon, Ini Penjelasan KPU Selayar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Digugat Paslon, Ini Penjelasan KPU Selayar

FAJARONLINE, SELAYAR — Pasca penetapan Aji Sumarno – Abd Gani oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai calon dan mendapat nomor urut tiga, mendapat ancaman dari dua pasangan calon (paslon) lainnya sebelumnya telah ditetapkan. Kedua paslon ini akan mengadukan hal ini ke Panwaslu kemudian akan melanjutkan ke DKPP.
Saat didatangi di ruang kerjanya, Ketua KPUD Selayar, Hasiruddin mengatakan keputusan menetapkan Aji- Gani memang ada konsekuensinya. Ada yang puas dan ada yang tidak puas, namun jika hal tersebut sampai pada pengaduan DKPP, pihaknya akan menghadapinya. Sebagai penyelenggara, pihaknya merasa tidak keluar dari pedoman yakni UU dan aturan terkait hal tersebut.

“Ini mekanismenya, tanggal 26 putusan dan diakomodir perbaikan tanda terima pada 7 Agustus itu yang ditindak lanjuti setelah diverifikasi ternyata memenuhi syarat hanya PKB. Itu yang diverifikasi selama dua hari, ini tidak keluar dari aturan jadi kalau mau dilapor kita terima konsekuensi itu,” tegasnya.

Sementara, Komisioner KPU Sulsel, Faizal Amir mengatakan pengaduan ke DKPP perlu didasari atas kerugian material atau pelanggaran kode etik. 

Menurutnya, keputusan KPUD Selayar yang menetapkan  Aji Sumarno dan Abdul Gani sebagai calon bupati dan calon wakil bupati sesuai rekomendasi panwaslu yang menerima sebagian permohonan pemohon dan memutuskan untuk mengesahkan perbaikan dokumen pasangan tersebut tidak melanggar perundang-undangan.
“Kalau keputusannya mau digugat sederhana saja, ke Panwaslu, bukan DKPP ranahnya. Kecuali material, apakah ada pelanggaran administrasi atau ada alat bukti pelanggaran kode etik, kalau pelanggarannya seperti itu baru ke DKPP,” ujarnya saat berada di kantor KPU Kabupaten Kepuluan Selayar. (taq/wik)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top