DPR Ajak SKPD Pakai Anggaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

DPR Ajak SKPD Pakai Anggaran

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI, M Nasir Djamil meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan para kepala daerah, bahkan para menteri membuang rasanya takutnya untuk menggunakan anggaran negara.

Alasannya, Jaksa Agung telah membentuk tim pendamping untuk daerah agar tidak keliru dalam menggunakan anggaran. “Permintaan Komisi III DPR kepada Jaksa Agung untuk membentuk tim pendamping penggunaan anggaran negara di daerah dikabulkan oleh Jaksa Agung. Ini cukup efektif untuk meminimalisir dugaan penyalahgunaan atau proses penggunaan anggaran,” kata Nasir, kepada JPNN.com, Senin (31/8).

Fenomena ketakutan dalam menggunakan anggaran tersebut ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, tidak saja berlangsung di daerah-daerah.

“Dalam rapat-rapat dengan para menteri atau eselon 1 kementerian dan badan atau lembaga negara, mereka juga mengungkap ketakutan yang sama, yakni dari pada kemudian hari berurusan dengan hukum, lebih baik tidak mengeksekusi sebuah anggaran,” tegas Nasir.

Akibatnya ujar anggota DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Nanggroe Aceh Darrusalam I ini, serapan anggaran tidak mencapai target dan proses pembangunan tidak jalan. Ujung-ujungnya, rakyat yang dirugikan.

“Bagi kepala daerah-daerah yang sudah didampingi oleh tim Kejaksaan, jangan ragu menggunakan anggaran karena anda di dampingi oleh pengacara Negara. Itu cara Jaksa Agung menyikapi keluhan daerah,” pungkasnya. (fas/jpnn)

Click to comment
To Top