“Jalan Soeharto”, Jawaban Kerinduan Rakyat pada Orba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

“Jalan Soeharto”, Jawaban Kerinduan Rakyat pada Orba

FAJARONLINE, MAKASSAR — Penonton yang gandrung menonton liputan-liputan mendalam berupa film dokumenter dari Watchdoc, bersiap-siaplah menonton edisi baru yang sementara mereka garap. Edisi terbaru yang akan segera dipublikasi adalah film dokumenter tentang mantan Presiden RI, Soeharto.
Judul film dokumenter terbaru yang akan ditayangkan Kompas TV tersebut yakni  Jalan Soeharto. CEO Watchdoc, Dandhy Laksono, mengatakan, proses pengumpulan data Jalan Soeharto relatif lebih mendalam. Selasa, 1 September 2015 hari ini, Dandhy berada di Makassar untuk rangkaian aktivitasnya membuat film dokumenter bertema “Indonesia biru”. Ia juga menyempatkan diri jadi pembicara dalam diskusi jurnalisme video di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Senin malam, 31 Agustus 2015.
Film dokumenter Jalan Soeharto ini digarap bermula atas keresahan Dandhy menyaksikan banyaknya orang yang merindukan kembali era Soeharto. Padahal, pada masa Orde Baru, ia termasuk yang merasakan belenggu rezim itu. Dengan “kerinduan” masyarakat tersebut, Dandhy menganggap ada yang tak beres dan terputus dalam masyarakat Indonesia.
Dandhy menceritakan, untuk mengangkat Jalan Soeharto, tidak bisa dilakukan dengan menggunakan narasumber masa kini. Makanya, ia bersama timnya harus berburu narasumber yang terlibat langsung dan merasakan kebijakan-kebijakan yang diambil Soeharto. Salah satu cara untuk mendapatkan narasumber relevan adalah dengan mengumpulkan jurnal Prisma terbitan 1970-an sampai 1990-an.
“Karena sudah tidak terbit, untuk mendapatkan Prisma harus mencarinya keliling Jakarta di pasar loakan,” beber jurnalis yang selama 2015 ini sedang mengerjakan ekspedisi liputan film dokumenter bertema Indonesia Biru. (zuk/wik)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top