Kejati Tolak BPKP Audit Barang Bukti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Kejati Tolak BPKP Audit Barang Bukti

FAJARONLINE, MAKASSAR — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar menolak permintaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel terkait audit barang bukti rampasan hasil sitaan penyidik dalam penanganan perkara. Koordinator Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sulselbar, Noer Adi mengatakan, kejati tidak bisa memenuhi permintaan BPKP sebelum ada izin Kejaksaan Agung (Kejakgung). “Harus ada persetujuan dulu kejakgung. Kita tidak boleh seenaknya,” ujar Noer Adi, Selasa 1 September.

Meski ada permintaan audit barang bukti rampasan hasil sitaan penyidik, namun kejati tidak serta merta bisa memberikan tanpa ada pemberitahuan ke Kejakgung. “Kami tidak serta merta bisa memberikan itu. Harus ada persetujuan kejakgung,” katanya.

Barang bukti hasil rampasan yang diminta BPKP, di antaranya kasus korupsi dan pidana umum yang sudah ada kepastian hukumnya dan masih dalam proses. Noer mengatakan, kejati bisa mengabulkan permintaan tersebut bila sudah ada persetujuan Kejakgung yang membolehkan dilakukan audit. “Kalau belum ada surat Kejakgung, kita tidak bisa memenuhi permintaan BPKJP tersebut, ” tandasnya. (ida)

loading...
Click to comment
To Top