November, PLTU Karangkandri Beroperasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

November, PLTU Karangkandri Beroperasi

CILACAP, RAJA – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Karangkandri Unit II di Desa Karangkandri, Kabupaten Cilacap, segera beroperasi, kata Field Manager PT Sumber Segara Primadaya (S2P) Sutikno.

“Saat ini, kami sedang melakukan pengujian-pengujian,” katanya di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Senin.

Ia mengakui jika sebelumnya sempat memperkirakan pengoperasian PLTU Karangkandri Unit II akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2015. Akan tetapi, kata dia, hal itu belum bisa dilaksanakan karena pihaknya masih menunggu selesainya pembangunan jaringan transmisi. “Kami menunggu transmisinya. Kalau transmisinya selesai, kami sudah siap tapi transmisinya belum selesai (dibangun) PLN,” tegasnya.

Dia memperkirakan pengoperasian PLTU Karangkandri Unit II dapat dilaksanakan pada bulan November karena PLN menginformasikan bahwa pembangunan transmisi selesai pada bulan Oktober. “Waktu itu dia (PLN, red.) bilangnya Juli, kita siap Agustus. Dia mundur, ya kita mundur,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa nantinya listrik yang diproduksi PLTU Karangkandri Unit II yang berkapasitas 1×660 megawatt itu akan dikoneksikan dengan jaringan interkoneksi Jamali untuk memenuhi kebutuhan di Pulau Jawa, Madura, dan Bali.

Disinggung mengenai kebutuhan batu bara, Sutikno memperkirakan akan mengalami peningkatan dua kali lipat dari kebutuhan selama ini. “Dengan beroperasinya PLTU Karangkandri Unit II, kebutuhan batu bara kami bertambah 7.000 ton per hari. Dengan demikian, kebutuhan batu bara secara keseluruhan rata-rata 14.000 ton per hari,” katanya.

Dalam hal ini, kata dia, kebutuhan batu bara untuk PLTU Karangkandri Unit I yang telah beroperasi sejak tahun 2006 rata-rata sebanyak 7.000 ton per hari. Menurut dia, batu bara tersebut dipasok dari Kalimantan dan dibongkar di “jetty” atau dermaga khusus milik PLTU Karangkandri maupun Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap.

Proyek pembangunan PLTU Karangkandri Unit II merupakan perluasan dari PLTU Karangkandri Unit I yang berkapasitas 2×300 megawatt.

Lokasi pembangunan PLTU Karangkandri Unit II masih berada satu kawasan dengan PLTU Karangkandri Unit I yang juga dikelola PT Sumber Segara Primadaya (S2P), yakni di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, atau berada di pesisir selatan Pulau Jawa. (In)

loading...
Click to comment
To Top