Rehab Bantimurung Ancam Gagal Tanam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Rehab Bantimurung Ancam Gagal Tanam

FAJARONLINE, MAROS — Petani Maros menolak rencana rehab bendungan Bantimurung yang akan dimulai bulan ini. Mereka menilai waktunya tidak pas, karena renovasi bakal membuat air bendungan dikuras habis disaat mereka butuh air untuk tanam ketiga.
Perwakilan petani, Abdul Asiz menyebut rehab itu mengancam tanam ketiga gagal dilaksanakan dalam waktu dua minggu kedepan. Benih padi IP300 yang saat ini sudah siap, tidak bisa ditanam tanpa suplay air dari Bantimurung. “Bendungan akan dikuras untuk memasang bronjong (kawat,red). Nah darimana petani bisa dapat air,?” kata Azis.
Ada 1500 hektare sawah berpotensi gagal melakukan tanam ketiga. Apalagi, Azis menyebut rencana rehab itu tidak pernah disosialisasikan. “Kami tidak menolak, namun waktunya tidak pas. Pemprov dalam hal ini Dinas PU Pengairan dan PSDA harus meninjau ulang waktunya. Jika tidak petani berhak menuntut kompensasi sesuai potensi kerugian yakni Rp 7 miliar,” tagasnya.
Petani menawarkan solusi agar rehab yang kabarnya menelan anggaran Rp1 milair itu ditunda hingga pertengana bulan 11 mendatang. Saat itu padi IP300 sudah mulai menguning dan siap panen, sehingga tidak terpengaruh dikurasnya bendungan. (ris)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top