Satu Calon Haji dari Indonesia Meninggal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Satu Calon Haji dari Indonesia Meninggal

SOLO, RAJA – Satu dari delapan jemaah calon haji (calhaj) asal Indonesia yang dinyatakan meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi merupakan warga asal Cilacap, yang diberangkatkan melalui Asrama Haji Donohudan Boyolali. Calhaj tersebut bernama Sunarto Wiryantika (54) yang meninggal Sabtu (29/8) di rumah sakit King Fahd, Madinah.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibdah Haji (PPIH) Embarkasi Donohudan Boyolali, Gentur Rachma Indriadi ketika dikonformasi Metrojateng.com, Minggu (30/8) siang membenarkannya. Menurutnya, Sunarto merupakan calhaj kloter pertama yang datang di Asrama Haji Donohudan. Keberangkatan Sunarto ke Tanah Suci sempat ditunda karena sakit. Sunarto akhirnya diberangkatkan pada kloter ketiga. “Saat datang di asrama, memang calhaj tersebut sedang tidak dalam kondisi prima sehingga langsung kami rujuk untuk mendapatkan perawatan di RSUD Moewardi Solo. Baru tadi pagi kami menerima kabar tersebut, dan setelah kami cek dengan riwayat kesehatan, ternyata memang calhaj tersebut memiliki masalah di paru-parunya,” jelas Gentur.

Meski paru-parunya bermasalah, namun penyebab pasti meninggalnya Sunarto belum diketahui pihak PPIH Donohudan. Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Mekkah guna menyampaikan kabar tersebut kepada keluarga. “Kalau kami melihat banyak faktor yang terjadi, mungkin calhaj tersebut merasa kecapekaan selama perjalanan, mungkin juga bisa karena faktor cuaca,” katanya.

Soal proses pemakamannya, Gentur menerangkan, selama ini calhaj yang meninggal dikuburkan di Mekkah. Namun terkait bagaimana nantinya, ia belum berani memastikan. (Mj)

loading...
Click to comment
To Top