Wow…! Ternyata Anjing Bisa Digunakan untuk Deteksi Tumor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Wow…! Ternyata Anjing Bisa Digunakan untuk Deteksi Tumor

MENGGUNAKAN Anjing untuk mendetekasi penyakit bukanlah mitos atau takhayul semata. Tapi hal ini memang nyata dan terbukti lebih efektif.

Demikian hasil percobaan yang dilakukan sejumlah ilmuan, yang dilakukan di Rumah Sakit Universitas Milton Keynes, yang membuktikan bahwa anjing yang terlatih dapat mengendus kanker prostat.

Sebelumnya, sejumlah pasien yang terindikasi terkena kanker prostat diuji coba untuk mendeteksi kadar protein, yang disebut dengan Prostat Specific Antigen (PSA), supaya diketahui apa mereka harus diperiksa lebih lanjut.

Namun cara PSA tersebut tidak bisa dipercayai sebab kadang memberikakan hasil positif yang salah. Berbeda dengan cara tersebut, justru anjing yang dilatih dapat mengendus penyakit, khususnya prostat tumor dengan tingkat akurasi yang yang jauh lebih baik.

Seorang ilmuan asal Italy, melakukan percobaan dengan menggunakan dua anjing jenis Alsantians yang terlatih, untuk mengendus kanker, dengan diberikan 600 sampel urin pria. 360 diantaranya termasuk yang terkena kanker prostat dan 540 tidak. Dan hasilnya terdetesi 97 persen.

Tidak hanya kanker, studi tersebut juga mendapati bahwa anjing juga dapat mendeteksi penyakit lain seperti diabetes maupun epilepsi, sebagaimana yang disampaikan dailymail, Selasa (1/9).

Alasan kenapa anjing dapat melaukan hal tersebut karena ia memilki hidung yang luar biasa sensitif, yang terdiri dari 300 juta resptor bau. Dibandingkan dengan manusia hanya memilki 5 juta reseptor. (imn)

loading...
Click to comment
To Top