KPK Butuh Laode Syarif – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

KPK Butuh Laode Syarif

FAJARONLINE, JAKARTA — Indonesia Corruption Watch (ICW) memberikan kredit poin tersendiri pada Laode Muhammad Syarif. Laode adalah satu dari delapan calon pimpinan KPK yang dinyatakan lolos ke tahap uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI.

ICW menilai, dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar ini adalah sosok yang dibutuhkan KPK. Peneliti ICW, Emerson Junto mengatakan, dari hasil tracking yang dilakukan ICW dan koalisi masyarakat sejak masuk 19 besar, Laode Muhammad Syarif cenderung bersih dari kecacatan integritas. Selain memiliki kapasitas dan tegas serta dikenal sangat antikorupsi. Syarief, menurut Emerson adalah mantan aktivis mahasiswa yang dikenal sangat concern terkait isu korupsi.

Apalagi, Adviser Partnership for Governance Reform in Indonesia tersebut adalah Spesialis Pendidikan dan Pelatihan Pengendalian Korupsi selama ini. “Saya kira KPK butuh orang seperti ini. Beliau sosok yang tegas dan memiliki keinginan kuat memberantas korupsi. ICW tidak menemukan sesuatu yang bersifat negatif dari dia, selama aktif dalam mengkaji dan mengkritisi korupsi,” kata Emerson.

Apresiasi besar atas sosok Laode Muhammad Syarif juga datang dari Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu. Menurutnya, secara tak langsung Unhas mendapat citra positif atas kesuksesan Laode Syarif.

Dwia pun kenal betul dengan sosok dosen Fakultas Hukum Unhas ini. Selain kompetensi di bidang pencegahan korupsi, Laode dikenal cerdas dan low profile.

“Orangnya sangat terbuka. Ia berlatar belakang praktisi. Sangat kaya akan ilmu pengetahuan di bidang hukum,” tuturnya. (arm-ful/ars-rif)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 2 September 2015

loading...
Click to comment
To Top