Dipuji Lagarde, Jokowi Jangan Terpengaruh Rayuan IMF – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Dipuji Lagarde, Jokowi Jangan Terpengaruh Rayuan IMF

RMOL. Rencana International Monetary Fund (IMF) menggelar pertemuan tahunan dengan Bank Dunia di Indonesia pada 2018 merupakan salah satu strategi IMF untuk merayu Indonesia. Demikian disampaikan Direktur Centre for Budget Analysis, Uchok Sky Khadafi. Dengan agenda ini, lanjut Uchok, mereka akan terus meyakinkan bahwa Indonesia masih perlu banyak uang untuk membangun.

Untuk itu, Uchok juga mewanti-wanti Jokowi tak termakan pujian Lagarde. “Pemerintah jangan terbuai. Pujian mereka manis, tapi tak ada yang gratis. Pasti ada yang ingin mereka ambil di Indonesia. Mereka ingin kita meminta dan terus tergantung ke mereka,” tandas Uchok, Selasa malam (1/9).

Selasa, (1/9) sore, Lagarde datang ke Istana untuk bertemu Presiden Jokowi. Presiden menerima perempuan berambut pirang ini dengan sumringah. Mereka kemudian mengadakan dialog sekitar satu jam. Di pertemuan itu Jokowi ditemani Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Mensesneg Pratikno, dan Gubernur BI Agus Martowardjojo. Dialog berlangsung tertutup bagi media.

Usai dialog, Jokowi dan Lagarde menggelar konferensi pers. Setelah sedikit memberi pendahuluan, Jokowi mempersilakan Lagarde bicara. Nah, dalam kesempatan inilah Lagarde memuji-muji kinerja Jokowi dan kondisi ekonomi Indonesia.

“Kami di IMF yakin bahwa Indonesia jauh lebih siap dari yang sebelumnya untuk benar-benar menghadapi angin besar itu. Indonesia sudah memiliki fondasi ekonomi yang kuat dan ahli dalam mengatasi gejolak keuangan. Itu telah terbukti, ketika beberapa waktu lalu terjadi krisis keuangan yang menghancurkan ekonomi banyak negara,” ucapnya. (ysa/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top