DPS Gowa Picu Kecurigaan Paslon – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

DPS Gowa Picu Kecurigaan Paslon

FAJARONLINE, SUNGGUMINASA – Angka penambahan daftar pemilih sementara (DPS) pilkada Gowa dibandingkan pilpres 2014 lalu yang mencapai 7,5 persen menimbulkan kecurigaan pasangan calon (paslon). Alasannya penambahannya dinilai sangat signifikan.

Kubu pasangan calon bupati dan wakil bupati Sjahrir Sjafruddin Daeng Jarung-Anwar Usman (Dajaman-Ta) mewarning KPU berhati-hati menetapkan DPT. Ini mengingat pertambahan pemilih dalam DPS mencapai 30 ribu dari jumlah pemilih pilpres ke pilkada. KPU secara kelembagaan akan bertanggung jawab penuh bila mana ada temuan kelak yang mengindikasikan mark up pemilih.

“Kami juga mengajak kepada tim lain untuk ikut berkerjasama dalam memverifikasi persoalan DPT. Lonjakan pemilih dari pilpres ke pilkada itu sangat besar dengan dalih laju pertumbuhan penduduk,” sesal Pendi, juru bicara Djaman-Ta, Rabu malam 2 September.

Menurut dia, harus ada data lokasi tempat terjadinya peningkatan pemilih secara signifikan yang transparan dan publik bisa mengaksesnya. “Kami juga meminta panwaslu meneliti data pertambahan pemilih di Gowa,” katanya.

Kubu pasangan calon Tenri Olle Yasin Limpo-Hairil Muin (Pastikan-Mi) juga tidak serta-merta percaya dengan data yang dikeluarkan KPU Gowa. “‎Kita lagi pelajari DPS itu‎,” ujar juru bicara Pastikan-Mi, Djaya Jumain.

Komisioner KPU Gowa, Muchtar Muis, mengatakan, hingga saat ini, belum ada DPT. Yang ada baru DPS. Masih memungkinkan terjadi perubahan DPS sebelum ditetapkan sebagai DPT jika hasil pengumuman DPS di desa dan kelurahan, ada komplain dari masyarakat. (zuk)

loading...
Click to comment
To Top