Hatita’ Kuasai Semua Survey – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Hatita’ Kuasai Semua Survey

FAJARONLINE, MAROS — Pasangan calon bupati dan wakil bupati Maros, Hatta Rahman dan Harmil Matotorang menunjukkan dominasinya jelang Pilkada Maros 2015. Semua lembaga survey mengunggulkan kandidat nomor urut tiga tersebut.
Survey pertama dirilis Insert Institute, lembaga yang menjadi rekanan Hatita’ pada Pilkada kali ini. Berdasarkan data Insert, Hatita’ kini unggul sebanyak 74 persen dan terus menunjukkan tren meningkat. Sementara, dua kandidat lainnya ada pada angka 5 dan 9 persen.
“Masih ada swing voter sebesar 12 persen. Jadi persentase itu masih akan bertambah seiring bergeraknya tim PAN, Nasdem dan PDIP,” jelas Ketua Tim Pemenang Hatita’, Chaidir Syam.
Indeks Politica Indonesia (IPI) juga melakukan survey per Agustus. Hasilnya, Hatita’ masih unggul sebanyak 72,3 persen. sementara dua kandidat lainnya berada diangka 10,4 persen dan  4,8 persen. “Sisanya tidak menjawab, tidak tahu dan merahasiakan pilihan sebanyak 12,5 persen,” beber Direktur IPI Suwadi Idris Amir.
Survey itu dilakukan kepada 440 orang responden dengan metodologi multi stage random sampling. Suwadi menyebut, keunggulan Hatita’ salah satunya diuntungkan dengan posisinya sebagai petahana. “Responden menganggap Hatta berhasil memimpin Maros, disamping itu isu korupsi kurang dipercaya masyarakat,” urainya.
Sementara hasil survey internal kandidat lainnya, Imran-Said (Iman) juga menunjukkan keunggulan Hatita’. Ketua Tim Media Iman, Muh Fajrin mengakui bahwa saat ini Hatita’ memang memimpin dengan 64 persen, kemudian diikuti Iman 19 persen, kemudian Hadir 9 hadir persen.
Validitas ketiga survey tersebut juga diaminkan oleh pengamat politik, Arqam Azikin. Menurut Arqam, sejatinya Pilkada Maros sudah selesai dengan kemenangan Hatita’. “Hatta masih paling kuat, penantangnya tidak menunjukkan keseriusan untuk memenangkan Pilkada,” tandasnya. (ris/wik)
loading...
Click to comment
To Top