Pasar Andong Salatiga Digelontor Anggaran Revitalisasi Rp1,7 M – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pasar Andong Salatiga Digelontor Anggaran Revitalisasi Rp1,7 M

SALATIGA – Pasar Andong yang terletak di Jalan Osamaliki Salatiga yang sejak beberapa bulan ini lebih dikenal dengan ‘Pasar Akik’ Salatiga digelontor anggaran revitalisasi mencapai Rp1,7 miliar. Dana sebesar itu berasal dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2015 dan pasar ini kedepannya akan menjadi sentra pasar akik selain pasar loak tradisional.

Sekretaris Disperindagkop dan UMKM Kota Salatiga, Wuri Handayani mengatakan, harapannya revitalisasi ini dapat dilaksanakan tahun 2015 ini dan dilanjutkan pada tahun 2016 mendatang. Untuk konsep pembangunannya mengacu pada bentuk awalnya atau sebelumnya yang terdiri dari kios dan los. Khususnya los terletak di tengah-tengah pasar. Untuk para pedagang, rencananya akan dipindahkan yang lokasi berdekatan dengan Pasar Andong. Namun, banyak pedagang lebih banyak menghendaki direlokasi ke kompleks Stadion Kridanggo yang berjarak kurang lebih 300 meter dari Pasar Andong.
“Pasar Andong yang sekarang terkenal dengan sebutan ‘Pasar Akik’ Salatiga, rencananya akan dilakukan revitalisasi dengan anggaran sebesar Rp 1,7 Miliar. Dana itu berasal dari DAK dan konsep bangunannya mendatang tetap mengacu pada bangunan awal yaitu terdiri dari los dan kios,” jelas Wuri Handayani kepada Rakyat Jateng (Fajar Grup), Rabu (2/9).
Menanggapi rencana pembangunan Pasar Andong tersebut, Supri (40) salah seorang pedagang Batu Akik di Pasar Andong mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya pembangunan pasar tersebut. Dengan dibangunnya Pasar Andong ini, maka komplek pasar akan lebih nyaman dan bersih serta layak untuk berdagang.
”Pada intinya, kami mendukung penuh dibangunnya Pasar Andong ini. Selain akan lebih bersih, nyaman dan layak untuk berdagang juga akan semakin ramai,” katanya.
Hal senada diungkapkan pedagang batu akik yang lain, Purwanto (35). Dikatakan, bahwa kawasan relokasi yang mungkin dapat dibilang tepat untuk para pedagang adalah di kompleks Stadion Kridanggo. Lokasi ini tidak terlalu jauh dengan Pasar Andong, sehingga jika konsumen mencari Pasar Andong tidak akan mengalami kesulitan. (hes)

To Top