Soal Kualitas Tembakau, Gubernur Minta Petani dan Pedagang Lebih Jujur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Soal Kualitas Tembakau, Gubernur Minta Petani dan Pedagang Lebih Jujur

TEMANGGUNG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, secara mendadak melakukan kunjungan ke gudang tembakau milik pabrikan rokok, Rabu siang (2/9). Dalam kesempatan itu Ganjar meminta agar pelaku pertembakauan lebih jujur dalam menjaga kualitas tembakau.

“Saya mencoba menjembatani agar serapan pabrikan lebih banyak, harga lebih bagus, namun ada permintaan dari pabrikan agar kualitas tembakau harus juga bagus,” katanya di perwakilan PT Djarum.
Ganjar meminta agar pelaku pertembakuan baik itu petani dan pedagang agar menjaga kualitas tembakau Temanggung dengan tidak mencampur tembakau asal Temanggung dengan luar daerah.
“Yuk mari kita jaga kualitas tembakau kita, petani dan pedagang harus lebih jujur. Kalau tembakau asal Temanggung ya bilang asal Temanggung, kalau dari luar daerah ya disebut dari luar daerah seperti Boyolali, Jember, Klaten, atau NTB,‘’ tegasnya.
Ia mengharapkan agar petani dan pedagang harus mempunyai integritas kejujuran, karena dengan hal tersebut dapat menjaga kualitas tembakau Temanggung yang sudah terkenal bagus.
‘’Kalau kualitas terjaga, tentu serapan ke pabrikan juga akan lebih bagus. Intinya semuanya harus punya kemauan untuk menjaga kualitas tembakau Temanggung,” katanya.
Disinggung soal regulasi tata niaga tembakau, Ganjar mengukapkan akan lebih mengedapkan kesadaran bersama daripada membuat semua regulasi yang justru bisa mematikan tembakau tersebut.
“Ingat kasus cengkeh, setelah ada regulasi malah mati, kalau memang diperlukan regulasi saya tidak keberatan namun saya lebih mengedepankan kesadaran bersama untuk menjaga tata niaga pertembakauan,” pungkasnya.
Ditempat yang sama perwakilan PT Djarum untuk Kabupaten Temanggung, Hugiyono mengakui bahwa saat ini banyak tembakau dari luar daerah yang masuk Temanggung. Itulah yang membuat serapan ke pabrikan kurang banyak.
“Kuota pembelian kita tahun adalah 4000 ton, dan hanya tembakau yang asli dan murni dari Temanggung yang kita ambil,‘’ tegasnya. (din)

Click to comment
To Top