17 PNS Terlibat Politik Praktis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

17 PNS Terlibat Politik Praktis

LABUHA – Sepertinya larangan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak melakukan politik praktis tidak dihiraukan. Bahkan, telah jelas sanksi-sanksi yang akan diberikan jika terbukti menjadi tim sukses. Pelarangan PNS ikut serta dalam kegiatan kampanye mendukung calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah diatur dalam UU No.5/2014 tentang Aparatur Sipil Negera, dan PP 53/2010 tentang Disiplin PNS.

Meski larangan itu tegas, di Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara, aturan itu dilanggar. Terbukti, di Kecamatan Kayoa Selatan ada 17 Pegawai Negeri Sipil  (PNS) terlibat tim sukses calon bupati dan wakil bupati daerah itu.  Karena keterlibatan mereka, Panwas  menyiapkan sejumlah bukti segera memeriksa  mereka untuk kemudian laporan diserahkan kepada Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Ketua Pengawasan Panwas Halsel Sofyan Kadir mengatakan, telah menyiapkan bukti dan dokumen, selanjutnya memanggil dan memeriksa para PNS dari desa Orimakurunga Kayoa Selatan itu.  “Mereka terlibat politik praktis. Makanya dalam waktu dekat dipanggil dan dimintai keterangan di kantor Panwas,” terangnya.

“Kalau sanksi pasti ada namun nanti diberikan Menpan-RB karena laporan sudah pasti dikirim ke Satgas yang dibentuk Mendagri dan Menpan-RB,” imbuhnya. (dkk/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top