8.453 Hektare Hutan Bulukumba Harus Dijaga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

8.453 Hektare Hutan Bulukumba Harus Dijaga

FAJARONLINE, BULUKUMBA — Dari data Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bulukumba, luas kawasan hutan di Kabupaten Bulukumba berdasarkan Tata Guna Hutan Kesepakatan (TGHK) seluas 8.453 hektare yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Bulukumba.

Salah seorang staf Bidang Hutan Keleola Masyarakat (HKM) Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bulukumba, Darwis mengungkapkan luas areal hutan dienam kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kajang dengan luas arel hutan 331,17 hektare, Kecamatan Bontobahari dengan luas areal hutan yakni 3.475 hektare dan Kecamatan Bulukumpa dengan luas areal hutan yakni 648,88 hektare.

Luas areal hutan di tiga kecamatan lain yakni Kecamatan Rilau Ale dengan luas areal hutan 675 hektare dan luas areal hutan di Kecamatan Gantarang yakni 256,25 hektar. Sedangkan untuk Kecamatan Kindang luas arealnya yakni, 3.066,95 hektare. “Areal hutan tersebut harus dijaga kelestarianya,itu juga untuk kepentingan manusia,” katanya, Kamis 3 September.

Menurut dia, jumlah luas areal hutan tersebut ada yang dimanfaatkan masyarakat dan ada yang memang tidak dimanfaatkan masyarakat. Jumlah areal hutan tersebut merupakan data terbaru dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bulukumba.

Dia berharap, areal hutan yang sudah ditetapkan pemerintah agar tidak dilakukan pengrusakan seperti penebangan liar dan lain sebagainya. Warga harus menyadari bahwa kerusakan hutan akan berdampak pada umat manusia. “Begitupun sebaliknya jika hutan lestari maka manusia sendiri yang akan merasakan manfaatnya,” kata dia.

Salah satu ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) pengelola  Bunga Harapan, Kecamatan Gantarang, Mustamin mengatakan laus areal Hutan Keleola Masyarakat (HKM) yang dikelola kelompoknya yakni seluas 47 hektare di Kawasan Hutan Anrang.

Dia mengaku, ke depan kelompoknya akan lakukan penanaman pohon untuk tetap menghijaukan kawasan tersebut. ”Hutan merupakan aset yang berharga dan harus dijaga kelestariannya,”ungkapnya. (taq/wik)

Click to comment
To Top