BPN Bantaeng Gagas Pelayanan Super Cepat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

BPN Bantaeng Gagas Pelayanan Super Cepat

FAJARONLINE, BANTAENG — Sejumlah warga yang mengurus berbagai keperluan terkait pengurusan surat-surat kepemilikan tanah, mengaku sangat merespon upaya yang dilakukan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bantaeng.

Pasalnya, sistem yang diterapkan di kantor tersebut, mulai lebih transparan dan jelas sasarannya.

“Kami mendukung langkah yang dilakukan BPN dengan semakin transparan dan lebih cepat dalam pengurusan berbagai keperluan menyangkut adminstrasi pertanahan,”kata Arsyad, warga kota Bantaeng, Kamis 3 September.

Melalui upaya perbaikan pelayanan ini, kata dia, masyarakat akan semakin dimudahkan dalam setiap urusan dan sekaligus dapat memotong jalur birokrasi yang terkadang berbebelit dan membutuhkan waktu cukup lama.
“Kami berharap kondisi ini bias terus dilakukan agar masyarakat tidak kesulitan lagi mengurus surat-surat tanah,” kata aktivis Laskar Anti Korupsi Pejuang 45 (LAKI P45) ini.

Sementara, Kepala BPN Bantaeng, R Agus Mahendra mengatakan, pihaknya berupaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan berbagai dokumen pertanahan. Ini juga dilakukan dalam rangka 70 tahun Indonesia merdeka.

“Pelayanan prima ini kami lakukan dalam rangka 70 tahun Indonesia merdeka dan sekaligus menjadi kado bagi warga Bantaeng. Atas dasar itu kami siap-siap memberikan pelayanan maksimal dan lebih cepat serta tegas terhadap waktu,” ungkap Agus Mahendra.

Beberapa jenis layanan yang diharapkan dapat dilaksanakan sesuai komitmen waktu yang telah ditetatpkan dalam system pelayanan di internal BPN Bantaeng kepada masyarakat. Seperti, pengecekan sertifikat, penghapusan hak tanggungan (roya), hanya dibutuhkan waktu tujuh jam selesai.

Peningkatan dari HGB ke Hak Milik hanya 17 jam selesai, peralihan hak karena jual beli hanya 70 jam. Hak tanggungan dan pemisahan/pemecahan hanya 7 hari dan 17 hari serta pendaftaran sertifikat antara 70 sampai 90 hari.

“Namun semua jenis layanan ini bisa dilakukan semua komitmen waktu, jika seluruh persyaratan sudah dilengkapi dan tanah tersebut tidak dalam masalah. Upaya ini merupakan program nasional dalam rangka ayo kerja oleh karenanya saya berusaha mendisiplinkan waktu dalam memberikan pelayanan,” jelasnya.

Dia menambahkan, pelayanan cepat ini akan dilaksanakan maksimal hingga 31 Desember mendatang. Namun tidak menutup kemungkinan pelayanan cepat ini akan terus berlanjut jika program ini berjalan baik dan. Malah tidak menutup kemungkinan nantinya pelayanan juga akan dibuka pada hari Sabtu. (taq/wik)

loading...
Click to comment
To Top