Ehime Toyota dan JICA Jajaki Sekolah Mekanik di Bantaeng – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ehime Toyota dan JICA Jajaki Sekolah Mekanik di Bantaeng

FAJARONLINE, BANTAENG—Ehime Toyota Motor Corporation bersama JICA dan Ditjen Binalattas Kemenaker RI melakukan pertemuan terbatas  dan sekaligus penjajakan penggagasan proyek untuk sekolah mekanik, di Balai Latihan Kerja (BLK) Bantaeng. Pertemuan tersebut berlangsung di Baruga Karaeng Latippa Hotel Marina.
Berdasarkan rilis berita yang diterima FAJAR,  Kamis 3 September disebutkan, pertemuan terbatas dan kunjungan lapangan di BLK Bantaeng ini dilakukan secara bersama dari Ehime Toyota Motor Corporation, JICA dan Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI, dan membahas tentang rencana dan persiapan proyek pengembangan SDM tenaga mekanik profesional oleh Toyota dan peninjauan langsung workshop Otomotif BLK Bantaeng yang akan digunakan tempat praktek nanti,

Syahrul Bayan, Kepala Dinas Sosnakertrans Bantaeng mengatakan, pertemuan itu juga membahas tentang hal hal teknis, diantaranya besaran anggaran pelatihan dan peralatan pelatihan yang akan dikucurkan oleh Ehime Toyota serta tenaga instruktur yang akan stay di Bantaeng selama proyek ini berlangsung, yaitu sekitar 2,5 tahun yang dimulai pada Januari 2016 hingga 2018 mendatang. Dan itu berarti dengan proyek ini menjadi strategi pengentasan pengangguran melalui peningkatan SDM tenaga kerja terampil dan bersertifikat tentunya, tambah Syahrul Bayan yang juga mantan Kabid. Tenaga Kerja Bantaeng ini menuturkannya.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah turut mendampingi kunjungan  Tatsumi Takemoto Senior Adviser Ehime Toyota Motor Corporation, Futagami Hidekazu Vice President Ehime Toyota Motor Corporation, Okuyama Akira Penasehat Kebijakan Pembangunan Daerah Sulawesi (JICA), Sukenao Iida Nature Diversity Conservation (Konsultan Ehime), dan tampak pul yang hadir mewakili Kementerian Ketenagakerjaan RI masing masing  Drs. Dudung Heriyadi, MM Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan, Syamsi Hari, SE, MM Kasubdit Pengembangan Kemitraan dan Pendanaan, Iman Agung, SIP, M.si Kasi Pengembangan Prasarana Pelatihan  serta Syahrul Bayan selaku  Kadis Sosnakertrans Bantaenh dan Ichsan Baenuddin selaku Kabid Tenaga Kerja.

Nurdin Abdullah sangat mengapresiasi akan rencana besar Ehime Toyota ini di Bantaeng dan ditambah lagi keseriusan Kemenaker RI melalui Ditjen Binalattas untuk mengharmonisasi program pengembangan SDM tenaga terampil dan siap kerja serta profesional melalui BLK Bantaeng, apalagi target operasi BLK Bantaeng pada awal 2016 mendatang. “Kita bersyukur, hal ini bisa konek dengan rencana Ehime Toyota dengan lanjutan BLK Bantaeng kedepannya, dan ini semua untuk peningkatan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat Bantaeng pada khususnya nanti,” ujar Nurdin.

Selain itu, Direktur Bina Kelembagaan Pelaatihan Ditjen Binalattas Kemenaker RI Dudung Heriyadi mengaku siap dan sangat mengapresiasi hal ini, sehingga keberlangsungan BLK Bantaeng menjadi perhatian bersama khususnya dalam mempersiapkan tenaga tenaga terampil dan berkompeten dan profesional. Bantaeng sudah harus fokus secara Kemenaker RI untuk mempersiapkan hal ini dengan baik.

Selanjutnya, rombongan Ehime Toyota Motor Corporation, JICA, dan Ditjen Binalattas Kemenaker bersama Bupati Bantaeng juga melakukan peninjauan sejumlah bangunan BLK Bantaeng tahap I 2013 dan tahap II 2014 serta Bupati Bantaeng mengajak rombongan dimaksud untuk melihat secara langsung perkembangan kawasan Bantaeng Industrial Park (BIP) khususnya industri smelter PT Huadi Nickel Alloy Indonesia dan PT. Titan Mineral Utama. (taq)


loading...
Click to comment
To Top