Foto Memilukan Anak Tewas Terdampar Gemparkan Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Foto Memilukan Anak Tewas Terdampar Gemparkan Dunia

DUNIA, khususnya di belahan Eropa telah dikejutkan dengan foto-foto memilukan dari Turki. Tubuh mungil seorang anak migran yang meninggal bersama kakak dan ibunya pada perjalanan melintasi Mediterania, telah terpublikasi, Rabu (2/9) dan mengejutkan dunia.

Tubuh kecil itu tampak terdampar di Pantai Ali Hoca Point, Bodrum, Turki. Dari hasil penelusuran aparat di sana, tubuh kecil itu teridentifikasi bernama Aylan Kurdi berusia 3 tahun. Dia bersama saudaranya, Galip (5) dan ibunya sedang dalam perjalanan mencapai Eropa, mengungsi dari perang Syria.

Perahu yang mereka tumpangi terbalik. Sebanyak 17 penumpang terlempar ke Laut Mediterania. Meski air tenang, namun mereka tenggelam dan dibawa arus ke pantai. Tubuh kecil tak bernyawa itu masih dibalut T-shirt dan celana pendek. Sebuah foto memilukan dari polisi Turki membopong salah satu anak laki-laki dalam pelukannya muncul tak lama setelah tragedi dan rekaman video menunjukkan tubuh kedua.

Total, 13 penumpang termasuk Aylan, Galip dan ibu mereka Rihan (35) diyakini telah meninggal. Ayah mereka, Abdullah berhasil kembali ke pantai. Menurut laporan, perahu yang mereka tumpangi itu adalah bagian dari armada pengungsi. Pemerintah Turki melaporkan bahwa delapan perahu tenggelam, empat lainnya masih hilang dan hanya empat yang selamat.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (2/9), foto-foto ini melambangkan gelombang manusia yang melarikan diri dari kengerian konflik di Timur Tengah. Menurut salah seorang penumpang yang selamat, Omer Mohsin, ada 175 orang berdesakan dalam 12 perahu yang idealnya satu perahu itu bermuatan 10 orang.

“Beberapa perahu tenggelam setelah mencapai perairan terbuka. Mereka yang tidak bisa berenang tidak memiliki kesempatan,” tandasnya.

Lima kapal penjaga pantai Turki, helikopter penyelamat  dan pesawat pengintai sudah berusaha mengantisipasi ke tempat kejadian setelah laporan saksi mata banyak benda terapung di laut. Penjaga pantai mengonfirmasi, tidak ada perahu telah berhasil sampai ke tujuan yakni Pulau Kos Yunani. Semua hanya sampai dan berbalik ke Bodrum. (adk/jpnn)

Click to comment
To Top