Legislator Ragukan Pajak PJU Lutra – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Legislator Ragukan Pajak PJU Lutra

FAJARONLINE, MASAMBA — Pendapatan asli daerah (PAD) sektor penerangan jalan umum (PJU) diragukan legislator Luwu Utara. Pajak PJU yang distor PLN Masamba ke khas daerah hanya terkadang Rp300 juta hingga Rp400 juta.

Anggota Badan anggaran (Banggar) DPRD Luwu Utara, Karimuddin mengatakan, setiap bulan PLN Masamba hanya menyetor dana pajak penerangan jalan umum (PJU) Rp300 juta. Kondisi ini mendorong anggota dewan melakukan konsultasi ke PLN Wilayah Sulselbar di Makassar. ”Setelah kita konsultasi dana PJU yang wajib distor PLN ke kas daerah senilai Rp500 juta setiap sesuai jumlah pelanggan,” ujarnya.

Ketua Komisi III DPRD Luwu Utara ini menyebut jumlah pelanggaran PLN yang wajib membayar pajak PJU sebanyak 24 ribu sambungan. Data ini didapatkan pada PLN wilayah.Dana yang seharusnya diterima dari pajak PJU setiap tahun mencapai Rp5 miliar sesuai target. Tapi realisasinya dana tidak sebanyak itu.

Kepala DPPKAD Luwu Utara, Muhammad Kasrum mengatakan, seringnya jumlah setoran pajak PJU dari PLN berubah karena pihaknya tidak tahu kepastian jumlah pelanggan. ”Makanya mereka ke Makassar konsultasi langsung ke PLN wilayah. Supaya tidak ada sakung mencurigai.(shd)

loading...
Click to comment
To Top