PMI Makassar Operasikan Aferesis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

PMI Makassar Operasikan Aferesis

FAJARONLINE, MAKASSAR — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar kini menggunakan alat aferesis yang memudahkan pada pemisahan komponen darah dari pendonor. Hal itu Wakil Direktur Manajemen Mutu PMI Kota Makassar, dr Sri Yuliani ke ketuanya, Syamsu Rizal yang juga Wakil Wali Kota Makassar disela-sela pengoperasian alat tersebut, Kamis 3 September. “Dengan alat itu dapat mempersingkat waktu sehingga pelayanan pada pasien yang membutuhkan dapat dilakukan lebih cepat,” ujar Deng Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal.

Dokter Sri menyebutkan saat ini PMI memiliki tiga alat yang merupakan kerja sama dengan PT Transmedik Jakarta. “Jika sebelumnya darah yang diambil secara utuh dari pendonor yang kemudian dilanjutkan dengan pemisahan di laboratorium komponen darah, dengan alat ini, komponen trombosit pendonor sudah terpisahkan secara langsung,” katanya.

Khusus stok persediaan darah di PMI kota Makassar terbilang aman. Juga masih dapat memenuhi permintaan akan stok darah. Deng Ical tak henti-hentinya mengimbau masyarakat tidak ragu mendonorkan darah, demi menyelamatkan jiwa sesama manusia. (lin)

Click to comment
To Top