Dandim-Distan Minta Rehab Batubassi Ditunda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Dandim-Distan Minta Rehab Batubassi Ditunda

FAJARONLINE, MAROS — Polemik rencana rehab bendungan Batubassi, September ini terus bergulir. Permintaan petani agar rehab itu ditunda dengan menyesuaikan dengan waktu tanam ketiga, mendapat dukungan dari Kodim 1422 dan Dinas Pertanian Maros.
Dandim 1422 Letkol Sunarto menyebut, pihaknya ikut berkepentingan terhadap rencana rehab itu. Pasalnya, Kodim 1422 mendampingi kepentingan petani dalam meningkatkan produktivitas padi.

“Jadwal rehab memang harus disesuaikan agar dikurasnya air Bantimurng tidak mempengaruhi produktivitas,” ujarnya, Jumat 4 September.‎

Dirinya menyebut ada sekira 800 hektar sawah yang bakal terdampak rehab itu. Jangan sampai, lanjut Sunarto petani justru dirugikan. “Masa tanam pertama petani disulitkan dengan rendahnya harga, masa tanam kedua terkendala kemarau, nah masa tanam ketiga ini jangan sampai terganggu juga,” bebernya.
Kepala Dinas Pertanian Burhanuddin meminta agar dinas terkait di provinsi menjadwal ulang rehab itu, sampai petani tidak lagi butuh banyak air. “Mungkin sekitar akhir November. Namun disisi lain, perbaikan memang paling pas dipuncak kemarau, mengingat bendungan ini belum pernah rehab sejak 1903,” katanya.
Sebelumnya rehab Batubassi dijadwalkan bulan ini oleh Balai PSDA Sulsel dan Dinas PU Sulsel. Konsekuensinya, air permukaan bakal dikuras selama beberapa hari. Hal itulah yang diprotes petani. (ris/wik) 

To Top