Ramaikan Sail Tomono, 37 Kapal Perang TNI dan Asing Siap Dilibatkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ramaikan Sail Tomono, 37 Kapal Perang TNI dan Asing Siap Dilibatkan

SURABAYA – Puncak penyelenggaraan Sail Tomoni pada pertengahan September 2015 di Pantai Parigi, Sulawesi Tengah akan dimeriahkan dengan kegiatan Sailing pass, DemoHelly Waterjump, terjun payung, dan Rubber Duck Operation(RDO).

Untuk kegiatan Sailling pass ini akan melibatkan setidaknya 37 kapal perang, terdiri dari 26 Kapal perang milik TNI Angkatan Laut dan 7 Kapal perang negara sahabat. Selain itu, 11 Kapal instansi masyarakat setempat. Sedangkan untuk kegiatan demontrasi akan dilaksanakan oleh Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Batalyon Taifib Marinir.

“Kesuksesan Sail Tomini 2015 akan menjadi tolak ukur dari keberhasilan pembinaan Koarmatim yang selama ini dilakukan,” kata Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim, Laksamana Pertama TNI I.N.G. Ariawan, saat memimpin apel gelar pasukan dan unsur-unsur kapal perang, dan kendaraan tempur, di Dermaga Ujung Koarmatim, Surabaya, Kamis (3/9).

Dalam kesempatan itu, Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim, Laksamana Pertama TNI I.N.G. Ariawan mewakili Pangarmatim, Laksda TNI Darwanto selaku Komandan Satuan Tugas Sail Tomini 2015.

Berdasarkan keteranga tertulis Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman, apel gelar pasukan ini merupakan tahap akhir pengecekan kesiapan personel maupun material yang terlibat Sail Tomini. Apel ini bertujuan, apabila masih ada kekurangan atau kendala dalam persiapan maka masih ada sisa waktu untuk segera dikoordinasikan.

Acara gelar pasukan dihadiri oleh Pejabat utama Koarmatim dan seluruh peserta yang terlibat serta para Komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang berada di Pangakalan.(fri/jpnn)

To Top