Unik, Orangtua Siswa Ikut Ngajar di Madrasah Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Unik, Orangtua Siswa Ikut Ngajar di Madrasah Ini

FAJARONLINE, MAROS – Orangtua siswa bisa aktif ikut berpartisipasi menangani pendidikan di sekolah, tidak hanya duduk di rumah menunggu hasil pengajaran guru terhadap anak mereka. Hal itu diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Maros Baru. Demikian diungkapkan Kepala MIN Maros Baru, Nur Ridawati dalam rilisnya Jumat 4 September.

“Semua orangtua siswa kelas awal atau kelas satu dan dua, yang berjumlah 60 orang menjadi guru pendamping atau guru bantu secara sukarela. Mereka bergiliran membantu guru utama, memfasilitasi anak mereka belajar dari pagi sampai siang,” ujarnya.

Sebelum dikenalkan program guru pendamping orangtua, siswa yang belum bisa membaca di kelas satu relatif banyak. “Beberapa anak juga kurang lancar membacanya. Hal ini pernah menimbulkan kesalahpahaman orang tua terhadap sekolah, menganggap sekolah tidak serius memperhatikan pendidikan anak-anak mereka,” kata Rida.

Sekolah kemudian mengundang para orangtua berdiskusi. “Kami undang mereka. Salah satu kesepakatan membentuk persatuan orangtua siswa (POS). Tugas Persatuan Orangtua Siswa, secara bergiliran dan terjadwal ikut menjadi guru pendamping,” bebernya.

Dengan cara demikian, orangtua juga langsung bisa melihat melihat perkembangan anak. “Saya jadi lebih tahu sifat anak saya kalau di kelas,” ujar ibu Muliati, salah satu orangtua siswa

Inspirasi terus mengaktifkan POS juga datang setelah madrasah ini difasilitasi USAID PRIORITAS studi banding ke madrasah di Jawa Timur tahun 2014. Setelah studi banding dan mendapat binaan USAID PRIORITAS, prestasi madrasah inipun berkembang pesat dan kini menjadi tempat studi banding Kepala MIN se Sulawesi Selatan, Sulbar dan Sultra pada April 2015 lalu. (mp2)

Click to comment
To Top