Baru 33,91 Persen Anggaran Kemenpora yang Terserap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Sport

Baru 33,91 Persen Anggaran Kemenpora yang Terserap

FAJARONLINE, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berkomitmen mempercepat daya serap anggaran semaksimal mungkin. Langkah cepat disiapkan karena hingga akhir Agustus 2015 daya serap anggaran Kemenpora baru mencapai Rp 1,028 triliun atau 33, 91 persen dari Pagu Anggaran Kemenpora yang ditetapkan dalam APBN-P TA 2015.

“Kita akan memperbaiki usulan proposal ajuan OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda), melakukan relokasi anggaran seperti penyediaan alat kesehatan untuk RSON Cibubur, meminta kepada stakeholder untuk menyusun dan melengkapi ulang proposal bantuan daan surat pernyataan dengan berdasarkan pada efektivitas dan efisiensi dalam proses perencanaan dan pelaksanaanya,” ujar Menpora Imam Nahrawi saat Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi X DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta pada Kamis (3/9) sore.

Menpora yang didampingi jajaran Eselon I, II di lingkungan Kemenpora, mengakui bahwa ada beberapa faktor dan kendala yang menyebabkan penyerapan anggaran tahun 2015 belum maksimal. Di antaranya, pembatasan anggaran perjalanan dinas untuk memperkuat program kegiatan prioritas dalam rangka pembangunan infrastruktur atau sarana dan prasarana khusunya di bidang kepemudaan dan keolahragaan.

“Selain itu terdapat kegiatan yang proses lelangnya belum selesai, termasuk kegiatan-kegiatan yang pelelangannya baru di mulai pada bulan Mei 2015. Dan beberapa SKPD atau Dispora provinsi mengalami keterlambatan dalam pembuatan Surat Keputusan (SK) tentang pengelola dan dekonsentrasi karena menunggu SK Gubernur,” jelas Cak Imam.

Terlambat dan belum dilaksanakannya beberapa kegiatan juga membuat daya serap masih rendah. Seperti beberapa kompetisi olahraga yang belum digelar, rangkaian kegiatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) serta beberapa kegiatan besar lain.

Rapat Kerja bersama Komisi X dipimpin langsung oleh Ketua Komisi X DPR RI Teuku Rifky Harsya,Wakil Ketua Komisi X Ridwan Hisjam bersama 28 anggota yang hadir dari total 54 anggota. Komisi X melihat rendahnya daya serap bisa sangat menghambat program-program Kemenpora yang sudah ditetapkan.(wid)

loading...
Click to comment
To Top