Akibat Kemarau Panjang, 531 Hektare Sawah Gagal Panen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Akibat Kemarau Panjang, 531 Hektare Sawah Gagal Panen

GEDONGTATAAN– Hasil panen padi di Kabupaten Pesawaran tahun ini tampaknya mengalami penurunan. Akibat kemarau panjang, sebanyak 531 hektare sawah gagal panen.

“Kurang lebih yang sudah fuso itu 531 hektare dari beberapa  kecamatan di kabupaten Pesawaran,” ungkap Koordinator Pengendali Organisme Penyakit Tanaman, Distannak Pesawaran Zaelani kemarin

Menurutnya, data tersebut diperkirakan akan bertambah. Karena, dari beberapa kecamatan pada kabupaten setempat, saat ini baru Kecamatan Tegineneng, Negerikaton, Waykhilau, Kedondong, Way Lima dan Gedongtataan.

“Belum semuanya, soalnya di Kecamatan Way Lima dan Kedondong belum semuanya dan baru mulai panen. Kemungkinan data tersebut akan bertambah, masih menunggu hasil tim kita turun ke lapangan,”ucapnya

Dari sekitar 14 ribu hektare luas sawah di Pesawaran, gagal panen yang terjadi diperkirakan tidak mencapai 10 persen atau 1400 hektar. Sawah yang mengalami gagal panen tersebut nantinya akan diganti pemerintah.

“Biasanya nanti untuk sawah yang fuso akan diganti sama pemerintah melalui cadangan benih nasional, karena memang program pusat untuk meningkatkan produktifitas pangan nasional,” ujar Zaelani. (ozi)

Click to comment
To Top