Disnaker Jamin Tidak Ada PHK di Maros – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Disnaker Jamin Tidak Ada PHK di Maros

FAJARONLINE, MAROS — Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) menjamin tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Kabupaten Maros. Pemerintah lewat kedua instansi tersebut instens mengawasi perusahaan selama masa perlambatan ekonomi.

Kadis Koperindag Muh Syamsir menjelaskan pihaknya bersama Dinsosnaker memperketat pengawasan terhadap sekira 250 perusahaan di Maros. Ada tim gabungan yang dibentuk untuk memastikan perusahaan tidak seenaknya merumahkan karyawan.

“Bahkan jauh sebelum ada instruksi gubernur, ini telah lama dilakukan. Jadi kami sampaikan kepada para karyawan swasta, pekerja dan buruh, tidak akan ada PHK. Kami siap menjalankan instruksi,” tegasnya, Minggu 6 September.

Ketua Komisi III DPRD Maros Akbar Endra membenarkan, saat ini dewan belum menemukan adanya perusahaan yang melakukan PHK. Namun dalam waktu dekat pihaknya mengagendakan pertemuan dengan asosasi perusahaan. “Kami ingin mengevaluasi kinerja perusahaan terutama perlakuan mereka terhadap pekarja,” tegasnya.

Ketua Harian Serikat Buruh Seluruh Indonesia, Andi Mallanti berharap prestasi itu dipertahankan Maros. “Syukurlah sejauh ini di Maros belum ada PHK. Jangan seperti di Makassar sudah ada beberapa temuan seperti di SPBU-SPBU yang mulai merumahkan karyawannya,” kata Mallanti.

Sebelumnya, awal pekan ini Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meminta kepada para kadis terkait di Maros untuk mencegah terjadinya PHK, utamanya saat perekonomian nasional tengah lesu. Dirinya menegaskan, perusahaan yang mem-PHK karyawan harus diusir dari Maros. (ris)

loading...
Click to comment
To Top