Gugurkan Sukma-Hakim, Panwaslu Sebut KPU Bulukumba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Gugurkan Sukma-Hakim, Panwaslu Sebut KPU Bulukumba

FAJARONLINE, BULUKUMBA –  Keinginan Sukma Nurani Amparia-Abd Hakim ikut  pilkada Bulukumba belum habis. Nasib pasangan bakql calon jalur perseorangan itu ditentukan, besok Senin 7 September dalam sidang pembacaan putusan sengketa pemilu  di Panwaslu Bulukumba.
Ketua Panwaslu, M Amin mengatakan, peluang Sukma Nurani-Abd Hakim masih tetap terbuka jika gugatan mereka dikabulkan. “Sidang musyawarah pemohon dan termohon sudah dirampungkan kemarin (Sabtu). Keputusan akan disampaikan Senin besok Pukul 10.00 Wita,”  ujarnya via telepon, siang tadi, Minggu 6 September.
Amin mengungkapkan, hasil kesimpulan pihaknya berdasarkan keterangan pemohon (Sukma-Abd Hakim) dan termohon (KPUD) dalam proses sidang musyawarah sengketa, panwaslu menemukan adanya kelalaian KPUD Bulukumba. “Berdasarkan keterangan pemohon dan termohon, ada proses tahapan verifikasi yang dilewatkan. KPU tidak menjalankan tahapan verifikasi pasangan calon independen secara utuh pada  12-16 Agustus lalu. Hanya dilakukan  12-13 Agustus,” katanya seperti dikutip grup FAJAR, rakyatsulsel.com. 
KPUD Bulukumba tidak menjalankan tahapan verifikasi paslon independen secara utuh sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).  KPU didasari surat edaran sekretaris catatan sipil (capil) yang disebutnya berada di luar PKPU. “Kasus ini menyangkut proses tahapan yang tidak jalan. Artinya KPUD tidak memenuhi syarat berdasarkan PKPU Nomor 2. Karena dalam tahapan verifikasi administrasi mereka tidak menjalankan secara utuh sehingga merugikan salah satu paslon,” ungkapnya.
Jika Panwaslu Bulukumba menerima gugatan Sukma Nurani Amperia- Abd Hakim, maka peluang Pilkada Bulukumba akan diikuti oleh 6 pasang calon sangat terbuka. Sebelumnya, KPU sudah menetapkan pasangan Sukri Sappewali-Tomy Satria (Nasdem, Demokrat, dan Gerindra), Masykur A Sulthan-Edy Manaf (PAN, PKB, dan PBB), Jumrana Salikki-Husbiannas (Perseorangan) dan Askar HL-Nawawi Burhan (PDIP, Hanura, PPP, telah lebih dulu ditetapkan sebagai paslon. (rsol)
loading...
Click to comment
To Top