Pemerintah Diminta Tetapkan Darurat Bencana Asap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Pemerintah Diminta Tetapkan Darurat Bencana Asap

JAKARTA-Pemerintah diminta segera menetapkan Darurat Bencana Asap bagi sejumlah daerah yang terkena dampak kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

“Asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan melanda sebagian besar Pulau Sumatera dan Kalimantan. Hal ini telah sampai pada taraf yang sangat mengkhawatirkan, sehingga pemerintah harusnya sigap dalam mencegah dan menangani,” kata anggota Komisi IX DPR Verna Gladies M. Inkiriwang dalam keterangannya kepada redaksi, Minggu (6/9).

Dia menjelaskan, penetapan status darurat karena bahan kimia yang terkandung dalam asap hasil kebakaran dapat mengganggu kesehatan. Antara lain mengandung partikel dan komponen gas seperti sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), formaldehid, akrelein, benzene, nitrogen oksida (NOX) dan ozo (O3).

“Partikel berbahaya ini menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA, pneumonia, hingga iritasi mata,” beber Verna.

Untuk itu dia meminta Kementerian Kesehatan dan stakeholder terkait segera turun tangan menangani dampak bencana kebakaran hutan. Sebagai perbandingan dalam sehari terjadi peningkatan insiden korban asap di wilayah Riau. Hingga Jumat kemarin (4/9), laporan jumlah korban kabut asap yang masuk di Dinkes Riau mencapai 9.386 orang atau meningkat dari hari sebelumnya yaitu sekitar 8.505 orang.

“Segera bertindak, kita tidak bisa berdiam diri, sebelum korban berjatuhan lagi. Karena Asap sebagai dampak kebakaran Hutan dan Lahan bukan hanya menyebabkan krisis kesehatan, tetapi berefek kepada sosial-ekonomi karena aktivitas masyarakat terganggu,” tegas Verna yang berasal dari Fraksi Partai Demokrat. [wah] 

loading...
Click to comment
To Top