11 Kelompok Tani Terima Bantuan 11 Handtractor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

11 Kelompok Tani Terima Bantuan 11 Handtractor

SALATIGA – Sebanyak 11 kelompok tani di Salatiga menerima bantuan 11 unit handtractor yang dananya bersumber dari APBN-P tahun 2015. Penyerahan dilakukan oleh Sri Danudjo SE, Staf Ahli Walikota Salatiga Bidang Kemasyarakatan dan SDM, di halaman Pemkot Salatiga bersamaan apel luar biasa, Senin (7/9).

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertankan) Kota Salatiga Ir Husnani mengatakan, bahwa total bantuan yang diberikan sebesar Rp 270 Juta yang sumbernya dari APBN-P tahun 2015. Tujuan dari pemberian bantuan diantaranya untuk memfasilitasi petani dalam menggunakan teknologi modern. Juga untuk mengatasi permasalahan kelangkaan tenaga buruh dan meningkatkan produksi dan kualitas padi, jagung dan kedelai. Selain itu, untuk mendukung swasembada pangan secara nasional.
“Tujuan dari pemberian bantuan adalah untuk memfasilitasi petani dalam menggunakan teknologi modern, mengatasi permasalahan kelangkaan tenaga buruh dan meningkatkan produksi dan kualitas padi, jagung dan kedelai. Selain itu, untuk mendukung swasembada pangan secara nasional,” jelas Ir Husnani.
Kesebelas kelompok tani yang memperoleh bantuan masing-masing Kelompok Tani ‘Sumber Makmur’ Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo; ‘Ngudi Lestari’ Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo; ‘Sido Umbul’ Pulutan, Kecamatan Sidorejo; ‘Ngudi Hasil’, Blotongan, Kecamatan Sidorejo; ‘Maju Makmur’, Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo; ‘Marsudi Tani’, Blotongan, Kecamatan Sidorejo; ‘Joko Tingkir 2’, Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir; ‘Sumber Agung’, Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir; ‘Sari Murni 2’, Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir; ‘Sumber Rejeki’, Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir; dan ‘Gotong Royong 2’, Mangunsari, Kecamatan Sidomukti.
Sementara, Staf Ahli Walikota Salatiga Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Sri Danudjo SE menyatakan, bahwa dengan adanya bantuan handtractor tersebut, pihaknya meminta kepada kelompok tani untuk terus tekun dalam menjalankan profesinya sebagai petani.
“Harapan saya, para petani yang tergabung dalam kelompok tani tetap bersemangat dalam bercocok tanam. Salatiga telah sepakat dengan targetnya untuk meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai. Kiranya, dengan bantuan ini penggarapan lahan akan semakin cepat dan panennya mengalami peningkatan dari yang dua kali panen dapat menjadi tiga kali panen dalam setahunnya,” tandas Sri Danudjo, mantan Kepala Disperindagkop UMKM Kota Salatiga. (hes)

loading...
Click to comment
To Top