Ahok Bantah Hilangkan Empat Pulau di Kepulauan Seribu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ahok Bantah Hilangkan Empat Pulau di Kepulauan Seribu

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dituding sebagai orang yang bertanggung jawab atas hilangnya empat pulau di Kepulauan Seribu. Namun, saat dimintai tanggapannya, Ahok membantah kalau pulau-pulau tersebut hilang akibat proyek reklamasi Teluk Jakarta.

“Pulau di sana hilang karena sudah lama tenggelam,” kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota, Jakarta, Senin (7/9).

Bantahan Ahok ini menyikapi laporan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) yang menyatakan empat pulau di sekitar Pulau Pari, Kepulauan Seribu hilang sejak pembangunan tanggul A, bagian dari reklamasi Teluk Jakarta.

Deputi Walhi Jakarta Zaenal Muttaqin mengingatkan Ahok supaya mencabut Surat Keputusan Gubernur Nomor 2388 tentang izin reklamasi Pulau G atau Pluit City.

Menurut dia, ‎hilangnya empat pulau di sekitar Pulau Pari sangat mengkhawatirkan. Hal ini menjadi ancaman serius bagi Kepulauan Seribu dan kelangsungan nasib 26 ribu masyarakat penghuninya. Maka sebaiknya Pemprov DKI Jakarta fokus saja pada revitalisasi 13 sungai yang sudah dalam kondisi parah.

Ahok pun menjelaskan, dirinya memberi izin kepada pengembang untuk melakukan reklamasi pulau justru untuk mengembalikan pulau-pulau yang sudah lama hilang.

“Pulau hilang karena permukaan laut naik dan dataran pulau mengalami penurunan. Makanya kami reklamasi Kepulauan Seribu, biar ada pulau lagi,” mantan Bupati Belitung Timur itu meyakinkan. (gil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top