Astaga…! Kebakaran Lahan di Pelalawan Capai 654,25 hektare – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Astaga…! Kebakaran Lahan di Pelalawan Capai 654,25 hektare

PEKANBARU – Jumlah lahan terbesar yang terbakar berada di Pelalawan, mencapai 654,25 hektare. Di Kota Pekanbaru yang menjadi ibukota Provinsi Riau, luas lahan terbakar mencapai 134 hektar.

Data Dinas Kehutanan Riau, menyebutkan ada sekitar 3.457 lahan di Riau yang terbakar. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.200 hekter adalah lahan konsesi milik perusahaan.

“Ada 12 perusahaan kehutanan yang lahan konsesinya ikut terbakar. Luasnya 1.200 hektare,”’ ujar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau, Fadrizal Labay kepada Pekanbaru Pos (Grup JPNN, kemarin.

Mengenai penyebab kebakaran, Fadrizal tak mau lantas menyalahkan perusahaan. Ia bahkan tak mau memberikan inisial nama perusahaan yang lahannya banyak terbakar dan menyebabkan timbulnya asap.

“Inisial nama perusahaan gak perlulah disebutkan,” kata Fadrizal.

Menurutnya, kerahasiaan nama perusahaan itu penting guna kelanjutan penyidikan.

“’Kita khawatir kalau nama perusahaan disebutkan nanti ada tindakan penghilangan barang bukti serta kesulitan saat penegakan hukum dilakukan,” alasannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Muhibul menghimbau kepada pemilik perusahaan agraria agar dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar, karena hal ini sangat berdampak bagi seluruh masyarakat.

”Kami juga sudah menginstruksikan kepada perusahan agar tidak membakar dengan cara membakar lahan.(res/jpg)

loading...
Click to comment
To Top