Beda Pilihan, Legislator Tetap Akur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Beda Pilihan, Legislator Tetap Akur

FAJARONLINE, BULUKUMBA — Percaturan politik di pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada), tak memberikan dampak negatif terhadap para legislator berbeda pilihan lantaran partainya mengusung calon yang berbeda. 

Diketahui, pasangan calon (Paslon) Andi Sukri Sappewali-Tomy Satri Yulianto diusung Partai NasDem, Demokrat dan Gerindra dengan jumlah kursi 12 di DPRD. Paslon Masykur Andi Sultan- Edy Manaf, diusung Partai PAN, PKB dan PBB dengan 11 kursi, Paslon Kahar Muslim-Andi Sabri, diusung Partai Golkar-PKS, dengan jumlah 9 kursi sementara untuk Pasangan Calon (Paslon) H Askar-Nawawi Burhan, diusung partai PPP, Hanura, dan PDIP dengan jumlah 8 kursi.


Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki mengatakan, lahirnya perbedaan pilihan partai politik secara struktural sama sekali tak mempengaruhi kekompakan para legislator di dewan. Meski tetap ada perbedaan didalamnya, tugas pokok para legislator tak pernah terganggu. 

“Saya kira, saya akan hilangkan sekat itu, jadi walaupun berbeda pilihan tapi persatuan dan kesatuan dan persaudara tetap dijaga dan tetap kompak dan tanggungjawab besar untuk daerah dan bangsa,” ujarnya. Hamzah Pangki, yang partainya mengusung, Kahar Muslim-Andi Sabri, senin 7 September.

Legislator Partai NasDem, H Muh Tamrin mengusung Paslon Andi Sukri-Tomy Satria, menjelaskan, pihaknya mampu menempatkan waktu dimana seharusnya bekerja sebagai anggota DPRD dan menjadi tim pemenangan Paslon. “Selama ini kita semua anggota realistis saja bahwa tugas kita di kantor tetap dikedepankan dan urusan Pilkada kita tetap komitmen untuk tidak saling menciderai,” katanya.

Selanjutnya, Legislator Hanura, Hj Hilmiaty Asip mengatakan, Pemilukada kali ini menjadi tanggungjawab sebagai konsekuansi anggota partai yang harus loyal dengan keputusan partai. Namun demikian, kondisi tersebut juga tak harus membuat tugas di DPRD terbegkalai.

“Anggota DPRD sebagai salah satu pilar demokrasi harus senantiasa menjadi garda terdepan dalam menciptakan iklim demokrasi yang kondusif, harus mampu memberikan informasi dan pembelajaran kepada masyarakat,” tuturnya.

Terpisah, Fahidin HDK mengatakan, demokrasi telah tumbuh dengan baik di DPRD Bulukumba, bahkan dia mengaku antara satu dengan yang lainya, saling mensupport agar dapat memenangkan Pemilukada. “Kita itu kolektif kolegial, tidak ada sekat semuanya berjalan baik,” katanya, legislator asal Partai PKB yang mendukung Paslon Masykur-Edy Manaf. (taq/wik)
loading...
Click to comment
To Top