Hati-hati Menyimpan Rahasia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Hati-hati Menyimpan Rahasia

FAJARONLINE – Bercerita tentang hal pribadi pada rekan-rekan di kantor bukan hal bijak untuk dilakukan. Namun, menyimpan rahasia pribadi juga tidak disarankan. Menurut penelitian, menyimpan rahasia dapat mengganggu performa profesional Anda di kantor dilansir dari Business Insider.

Ambil contoh, ketika berselingkuh. Anda akan berusaha keras menutupinya. Waktu pun dikorbankan. Sehingga berpengaruh pada jam dan kualitas kerja. Demikian hasil penelitian terbaru yang dipimpin oleh periset Michael Slepian Ph.D. dari Columbia Business School.

Slepian dan tim meminta partisipan riset untuk memikirkan rahasia yang berat dan mengganggu pikiran. Sementara partisipan lain diminta memikirkan rahasia kecil yang tidak mengganggu pikiran.

Setelah itu partisipan diminta untuk menilai kecuraman sebuah bukit. Ternyata, mereka yang memikirkan rahasia berat menilai bukit itu sama curamnya dengan mereka yang memikirkan rahasia kecil. “Kadang orang berpikir menyimpan rahasia adlah pilihan yang tepat. Padahal dengan melakukannya, bisa jadi Anda akan berhadapan dengan konsekuensi negatif,” ujar Slepian.

Mungkin jalan terbaik untuk mencegah rahasia pribadi mengganggu produktivitas kerja adalah dengan buka rahasia. Tentu tidak pada semua orang di kantor. Anda bisa mencari orang yang dapat dipercaya. Jika tidak, Slepian merekomendasikan menuliskannya dalam sebuah jurnal. Alternatif lain, Anda bisa menuliskannya di situs berbagi rahasia semacam Postsecret.

Begitu Anda melepaskan diri dari beban psikologis dengan memprosesnya dan belajar mengadapinya, menurut Slepian, Anda akan kembali fokus dan produktif.

loading...
Click to comment
To Top