Kadis Sosnakertrans Bantaeng Ingatkan Siswa Hadapi Dunia Kerja – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Kadis Sosnakertrans Bantaeng Ingatkan Siswa Hadapi Dunia Kerja

FAJARONLINE, BANTAENG — Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng Syahrul Bayan bertindak sebagai Pembina Upacara Bendera di SMK Negeri 3 Bantaeng, Senin 7 September.

Kegiatan semacam ini, sudah sering dilakukan Kepala Dinas Sosnakertrans sekaligus memberikan arahan terkait dengan agenda kegiatan sosial dan dan ketenagakerjaan.

“Ini adalah kesekian kalinya kami hadir di sekolah sekolah untuk menjadi Pembina Upacara sekaligus mensosialisasikan kesiapan para calon alumni SMK Negeri 3 Bantaeng untuk memasuki dunia kerja. Apalagi, berdasarkan data sudah banyak alumni SMK Negeri 3 Bantaeng yang terserap di dunia kerja, termasuk yang akan mengikuti On The Job Training di China khususnya tenaga kerja di PT. Huadi Nickel Alloy Indonesia,” ujar Syahrul Bayan dihadapan peserta upacara, Senin 7 September.

Lanjut Syahrul Bayan yang juga mantan Gubernur Praja STPDN Jatinangor Periode 2001-2002 ini menuturkan bahwa saatnya sektor ketenagakerjaan di Bantaeng harus ditata dengan baik oleh karena Program Kerja Pemkab. Bantaeng tentang pengentasan pengangguran dengan menghadirkan Balai Latihan Kerja Bantaeng di Desa Baruga Kecamatan Pajukukang, serta hadirnya beberapa industri pengolahan nikel di Bantaeng. Diharapkan 2016 mendatang, BLK Bantaeng ini akan segera difungsikan.

SMK Negeri 3 Bantaeng ini membuka beberapa kelas kejuruan keahlian diantaranya kejuruan teknik konstruksi batu dan beton,teknik kendaraan ringan, kesehatan, farmasi, multimedia, teknik sepeda motor,   yang kini mendidik kurang lebih 600 siswa. Dan juga memiliki segudang prestasi di tingkat Kabupaten maupun Propinsi ini.

Drs. Idris Ali selaku Kepala SMK Negeri 3 Bantaeng mengungkapkan bahwa program kemitraan ini dengan SKPD Bantaeng kami lakukan dalam rangka menyebarluaskan informasi dari awal terkait agennda agenda pemerintah kepada para pendidik dan siswa sehingga adanya kesamaan visi dan misi tentang peningkatan SDM di Bantaeng. Bahkan saat ini, sementara kami siapkan Naskah MoU dengan Dinsosnakertrans Bantaeng untuk Bursa Kerja Khusus disingkat BKK, dan ini menjadi bekal yang baik nantinya.

Kehadiran Kadis Sosnakertrans Bantaeng ini di SMK Negeri 3 Bantaeng beserta beberapa SMK lainnya adalah juga dalam rangka agenda tindaklanjut sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Kerja dan Produktivitaa, yang merupakan Perda tentang Pelatihan dan Produktivitas kedua di Indonesia setelah Pemkab. Pasuruan Jawa Timur yang dibawah bimbingan teknis oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI dan GIZ Jerman.

Tampak pula, Kadis Sosnakertrans Bantaeng Syahrul Bayan ini melakukan diskusi dengan para siswa SMK dan juga mengunjungi beberapa fasilitas laboratorium otomotif dan beberapa lain. (taq/wik)

loading...
Click to comment
To Top