Kolam Budi Daya Ikan Air Tawar di Kampung Laut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kolam Budi Daya Ikan Air Tawar di Kampung Laut

CILACAP, RAJA – Masyarakat Kampung Laut di kawasan Segara Anakan Kabupaten Cilacap, sejak beberapa waktu terakhir mengembangkan kolam budi daya ikan tawar untuk meningkatkan penghasilan keluarga, kata Camat Kampung Laut Nurindra Wahyu Wibowo.

“Selain terus melakukan aktivitas nelayan tangkap, mereka juga mengembangkan kolam budi daya. Pemerintah memberikan dukungan fasilitasi kepada mereka,” katanya di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa petugas penyuluh lapangan perikanan Kampung Laut memiliki peran penting untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat mengembangkan kolam budi daya ikan di kawasan setempat.

Selain itu, kata Camat Nurindra yang didampingi Sekretaris Kecamatan Kampung Laut Didik Herdiman, pemerintah menyalurkan bantuan bibit ikan untuk warga yang membuat kolam budi daya.

Kecamatan Kampung Laut di kawasan Segara Anakan berpenduduk 17.066 jiwa atau 4.236 kepala keluarga, meliputi empat desa, yakni Klaces, Ujung Gagak, Ujung Alang, dan Panikel, serta 15 dusun dengan luas wilayah 14.221,80 hektare. “Sebagian besar masyarakat memang hidup sebagai nelayan tangkap, tetapi ada juga yang mengembangkan kolam budi daya. Sebagian lainnya beralih sebagai petani padi dan palawija,” katanya.

Ia menjelaskan tentang pengelolaan ikan budi daya melalui kolam yang cenderung lebih mudah terkontrol, perencanaan yang bisa lebih jelas, dan modal tidak sebesar menangkap ikan di laut lepas dengan kapal ukuran besar. “Bisa lebih terencana, tetapi memang masih perlu banyak belajar, sehingga peranan penyuluh menjadi penting,” katanya.

Pada umumnya, kata dia, nelayan setempat mencari ikan di sekitar Segara Anakan, menggunakan perahu bermesin dengan kapasitas relatif kecil. Hal itu berbeda dengan para nelayan dari Cilacap yang biasa melakukan aktivitas penangkapan ikan di laut lepas menggunakan perahu bermesin dengan kapasitas yang lebih besar.

Pada kesempatan itu, dia menyebut sejumlah ikan hasil tangkapan nelayan Kampung Laut, antara lain udang, ikan pari, mengkarak, blanak, dan kepiting.

Ikan hasil tangkapan warga setempat, umumnya dibawa ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Majingklak, Kecamatan Kali Pucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang lokasinya lebih dekat daripada Kampung Laut. (In)

To Top