Lahan Tanam Tembakau Pati Akan Bertambah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Lahan Tanam Tembakau Pati Akan Bertambah

PATI, RAJA – Lahan yang bisa ditanami tanaman tembakau di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, berpotensi diperluas menyusul tingginya permintaan daun tembakau asal daerah setempat.

Gunawan, Kasi Pembinaan Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pati, mengtakan masih ada puluhan hektare lahan yang bisa ditanami tanaman tembakau di beberapa desa di Pati.

“Di antaranya, tersebar di Desa Kasiyan, Kecamatan Sukolilo seluas 5 hektare, Desa Srikaton, Kecamatan Jaken seluas 5 hektare, Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen seluas 5 hektare, dan Desa Mojoagung, Kecamatan Pucakwangi seluas 10 hektare,” ujarnya, Jumat (4/9).

Ia mengatakan, lokasi tersebut dianggap cocok untuk tanaman tembakau yang memang membutuhkan tanah yang remah dan memiliki kandungan mineral yang sesuai.

Tembakau dari Kabupaten Pati dinilai oleh sejumlah pedagang memiliki keunggulan tersendiri, dibandingkan dengan tembakau dari daerah lain.

Adnan, salah seorang pengepul daun tembakau asal Randublatung membenarkan, tembakau Pati memang cukup berkualitas. “Jika dibandingkan dengan daerah lain, tembakau asal Pati tergolong bagus karena daunnya lebih tebal dan layak diekspor ke Amerika atau Arab,” ujarnya.

Pada musim ini, Adnan menargetkan bisa menghasilkan 150 ton tembakau kering atau setara dengan 1.500 ton tembakau basah.

Ketua Asosiasi Petani Tembakau (Apti) Pati Subiyanto memaklumi, kualitas tembakau dari Pati menjadi rebutan karena selain kualitasnya yang bagus, luas tanamnya juga masih terbatas.

Harga jual per kilogram untuk daun tembakau basah, kata dia, sebesar Rp2.000. Sementara setiap hektarenya, kata dia, bisa menghasilkan 18 ton tembakau basah.

Hanya saja, saat ini belum banyak petani yang tertarik menanamnya karena hanya ditanam saat musim kemarau. (bs)

To Top