Tak Bersertifikat, Pulangkan Pekerja Asing! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tak Bersertifikat, Pulangkan Pekerja Asing!

CILACAP, RAJA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cilacap, Jawa Tengah meminta pekerja asing yang tidak bisa menunjukkan sertifikat keahlian khusus segera melengkapi dokumen ketenagakerjaan.

“Dinsosnkaertrans diminta segera mengurus. Kalau tidak bisa melengkapi dokumen, pekerja asing harus dipulangkan,” kata Ketua Komisi D DPRD Cilacap, Taufikurrohman kepada redaksi, Minggu (6/9).

Dia mengatakan mendapati Tenaga Kerja Asing saat sidak di Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa Tengah 2 Bunton, Cilacap tak bisa menunjukkan sertifikat keahlian dengan spesifikasi khusus. “Kami sidak dengan Dinsosnakertrans ke PLTU setelah ada aduan dari Serikat Pekerja Cilacap,” jelasnya.

Taufikkurrohman menyatakan sertifikat keahlian ini merupakan prasyarat memperoleh Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) bagi perusahaan yang hendak mempekerjakan tenaga asing. Namun, dokumen di PLTU ternyata tidak lengkap.

Untuk itu, ia meminta Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Cilacap segera mendata sertifikat sekaligus jumlah pekerja asing yang bekerja di PLTU dan sejumlah perusahaan multinasional di Cilacap, seperti Pertamina dan Pabrik Semen Holcim. “Harus segera dilengkapi. Kalau tidak dilengkapi perusahaan harus memulangkan tenaga kerja asing yang tidak memiliki keahlian khusus,” ujarnya.

Dia menyebut jumlah pekerja asing di PLTU Cilacap 375 orang atau setara dengan 15 persen dari total pekerja dalam pengerjaan proyek pembangunan PLTU yang berjumlah 2500 orang. Namun, kata dia, jumlah tersebut sudah berkurang pada masa akhir proyek ini. (RM)

loading...
Click to comment
To Top