Tujuh Manfaat Konsumsi Buah Apel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tujuh Manfaat Konsumsi Buah Apel

FAJARONLINE – Apel mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, apel juga merupakan sumber yang kaya akan serat. Apa pun warnanya, merah, hijau, atau kuning, Anda harus rajin menyantap apel agar tubuh tetap sehat. Karena rasanya yang lezat dan mudah diolah, menjadikan buah ini sering dimasukkan dalam menu diet sehari-hari.

Mulailah untuk rutin mengonsumsi apel setiap hari. Bila bosan makan buah apel dalam keadaan utuh, bisa mengolahnya menjadi keripik apel, pie apel, salad apel, smoothies apel, jus apel, apel karamel, atau apel panggang. Tentu rasanya akan menjadi semakin nikmat.

Berikut ini tujuh alasan penting seseorang harus mengonsumsi apel setiap hari, seperti dilansir womanitely.com :

1. Mengandung antioksidan tinggi
Meski sebagian besar buah dan sayur mengandung antioksidan, apel adalah salah satu buah yang paling kaya kandungan antioksidannya. Antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas, mendorong sistem kekebalan tubuh, dan mencegah berbagai penyakit.

Makanlah apel tiap pagi hari, atau Anda bisa membuatnya menjadi smoothies. Apel juga bisa dijadikan makanan selingan sebelum makan siang dan tidur malam. Olahan keripik apel juga bisa dijadikan sebagai camilan.

2. Membuat mata sehat
Karena kandungan antioksidan yang tinggi, apel membantu meningkatkan kesehatan mata bila dikonsumsi setidaknya satu buah sehari sekali. Apel juga membantu pencegahan katarak. Banyak studi mengatakan, orang yang mengonsumsi buah kaya antioksidan, seperti apel, memiliki kemungkinan kecil terkena katarak.

3. Kaya akan serat
Apel adalah sumber terbaik yang banyak mengandung serat sehingga membantu mengatur sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat. Serat juga membantu mengontrol rasa lapar hingga membuat Anda merasa kenyang. Itu artinya, apel cocok dijadikan sebagai camilan sehat pengganti makanan. Selain itu, serat pada apel juga membantu mengurangi kadar kolesterol, mencegah diare, dan sembelit.

4. Membantu detoksifikasi racun
Mengonsumsi apel setiap hari membuat liver tetap terjaga kesehatannya. Liver yang sehat tentunya bisa menjaga tubuh dari racun yang berbahaya. Apel bisa mendetoksifikasi tubuh secara alami tanpa perlu mengonsumsi obat atau minuman detoksifikasi.

5. Membuat jantung sehat
Salah satu manfaat apel adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat pada apel bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Dengan mengonsumsi apel, penumpukan lemak pada arteri bisa dicegah sehingga mengurangi resiko terkena serangan jantung.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Jika ingin meningkatkan daya tahan tubuh, Anda bisa makan apel sebelum berolahraga. Apel membantu memperlancar pasokan oksigen ke dalam paru-paru sehingga membuat Anda tidak mudah elah. Anda bisa mengonsumsi apel utuh atau minum smoothies apel sebelum memulai kegiatan berolahraga.

7. Menurunkan berat badan
Orang yang menjalankan diet seharusnya mengonsumsi makanan kecil dalam sehari. Buah apel bisa dijadikan makanan kecil bagi mereka yang sedang diet, terutama mengonsumsinya di pagi hari. Apel mengandung kalori yang rendah dan membantu menekan rasa lapar.

Daripada menyantap keripik kentang atau permen ketika merasa lapar, lebih baik makanlah apel untuk menghilangkan rasa lapar tersebut.

Click to comment
To Top