2016, Keluarga Ramah Anak Meluncur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

2016, Keluarga Ramah Anak Meluncur

SOLO, RAJA – Pemerintah Kota Surakarta, menggagas program keluarga ramah anak yang diharapkan sudah bisa diluncurkan tahun 2016.

Kabid Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Pemkot Surakarta Supraptiningsih, di Solo, Senin, mengatakan program itu didasari keprihatinan atas meningkatnya kekerasan anak di keluarga. “Program ini untuk memenuhi hak-hak anak di setiap keluarga karena kasus kekerasan anak akhir-akhir ini terus meningkat,” katanya.

Bahkan, sangat disayangkan kekerasan anak itu dilakukan oleh orang terdekatnya, seperti ayah dan ibu kandung. Supraptiningsih mengatakan konsep program keluarga ramah anak saat ini sedang disusun oleh timnya untuk kemudian disosialisasikan kepada masyarakat melalui kelurahan maupun posyandu.

Konsep ini menjelaskan tentang hak-hak anak dan berbagai kewajiban orang tua lainnya. “Orang tua wajib mendampingi, mendidik, dan memberikan hak anak yang layak, kendati orang tua tersebut dalam kondisi sibuk,” kata dia.

Selama ini Pemkot terus berupaya untuk memberikan hak-hak anak melalui forum anak kota Surakarta. Berbagai penyuluhan, pendidikan, dan fasilitas dipenuhi untuk mewujudkan Solo sebagai kota ramah anak dan kota layak anak.  (In)

loading...
Click to comment
To Top