34 Desa 724 Tangki Air Bersih – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

34 Desa 724 Tangki Air Bersih

PURBALINGGA, RAJA –  Dalam menghadapi musim kemarau tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga telah menyalurkan air bersih ke 34 desa yang rawan mengalami kekeringan. Ke 34 desa tersebut tersebar di sepuluh kecamatan dan sudah tersalurkan sebanyak 724 tangki air bersih.

“Sampai saat ini, bantuan air bersih ke desa-desa yang mengalami kekeringan di Purbalingga sudah tersalurkan 724 tangki. Bantuan air bersih tersebut terbanyak dari Pemkab Purbalingga sejumlah 569 tangki disusul Bakorwil sejumlah 108 tangki dan dari Perum Pegadaian Purbalingga sebanyak 47 tangki. Terakhir dari Bank Jateng berupa dana CSR memberikan bantuan untuk masyarakat terdampak kekeringan sejumlah Rp10 juta,”terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga Prio Satmoko sebelum acara Penyerahan Dana CSR di SMKN 3 Purbalingga, kemarin.

Menurut Priyo, saat ini desa yang mengalami dampak akibat kemarau jumlahnya 34 desa yang tersebar di 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Purbalingga. “Sepuluh kecamatan tersebut adalah Kejobong, Karanganyar, Mrebet, Bobotsari, Kertanegara Kaligondang, Pengadegan,Bojongsari serta Karangreja  dan Kutasari,”jelasnya.

Priyo menandaskan, bahwa musim kemarau tahun ini akan berlangsung sampai dengan bulan Oktober. Sehingga masyarakat dihimbau untuk menghemat penggunaan air. “Berdasarkan data yang kami diterima  dari BMKG Jawa Tengah, perkiraan musim kemarau tahun ini di wilayah Purbalingga akan berakhir pada dasarian ketiga bulan Oktober 2015, sehingga masyarakat di desa yang rawan kekeringan dihimbau untuk menghemat penggunaan air,”pintanya. (pn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top