BNPB Boyolali Bangun Embung di Sambi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

BNPB Boyolali Bangun Embung di Sambi

BOYOLALI, RAJA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Boyolali berencana membangun embung di wilayah Kecamatan Sambi, sebagai antisipasi ancaman kekeringan yang terjadis setiap musim kemarau. Kekeringan yang selama ini terjadi sering berdampak pada krisis air bersih dan irigasi pertanian.

“Rencananya tahun depan dibangun, anggaranya Rp550 juta di Desa Glintang, Sambi,” ujar Kepala BPBD Boyolali, Nur Khamdani, Senin (7/9).

Embung tersebut nantinya untuk mensuplai kebutuhan air bersih masyarakat dan pertanian di wilayah Kecamatan Sambi dan Simo. Dimana, dua kecamatan tersebut merupakan daerah minim resapan air hujan, sehingga tidak mampu menyerap air dengan maksimal. Akibatnya, bila kemarau panjang datang, sering terjadi krisis air bersih.

“Tahun depan, musim kemarau lebih panjang karena ada perubahan iklim,embung ini nanti akan sangat berguna bagi masyarakat,” tambahnya.

Karena itu, katanya, keberadaan embung ini nantinya cukup vital bagi masyarakat, mengingat wilayah Sambi kerap dilanda kekeringan selama musim kemarau. Padahal selama musim penghujan, curah hujan di wilayah Sambi sebenarnya cukup tinggi namun tak tertampung. Dengan adanya embung yang akan menampung air hujan, setidaknya bisa menjadi tempat sumber air bagi masyarakat sekitar yang kerap dilanda kekeringan selama musim kemarau berlangsung.

Penentuan lokasi embung di Desa Glintang juga sudah melalui kajian teknis yang matang, dengan pertimbangan kondisi geografis dan lokasi embung yang bisa mengkover wilayah yang rawan kekeringan. “Ini sebagai salah satu antisipasi dampak kekeringan,” terangnya.

Nantinya, proyek pembangunan embung ini akan dilaksanakan BNPB melalui Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumberdaya Mineral (DPU ESDM) Provinsi Jateng. (tm-*)

loading...
Click to comment
To Top