Idris Syukur Sukses Aliri Listrik di Wilayah Pegunungan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Idris Syukur Sukses Aliri Listrik di Wilayah Pegunungan

FAJARONLINE, BARRU — Harapan masyarakat di wilayah pelosok dan pegunungan di Barru tentang masuknya aliran listrik, sebagian besar kini sudah dirasakan selama masa kepemimpinan Andi Idris Syukur lima tahun terakhir.

Terbukti di wilayah pedalaman dan pegunungan yang di masa pemerintahan sebelumnya belum bisa memasukkan aliran listrik, selama beberapa tahun belakangan sudah bisa difungsikan dan dinikmati manfaatnya oleh masyarakat, terutama di perkotaan pedesaan.

Padahal di sebagian desa tersebut, letaknya berada di pegunungan, seperti di Gattarang, Bacu-bacu, Bulo-bulo, Jangang-Jangang, Harapang, dan wilayah pelosok lainnya. Begitu juga tahun ini, sudah dikerjakan pemasangan tiang di wilayah lainnya, yakni Sajoanging, dan Lemo.

Tokoh masyarakat di Pujananting, Kadir menuturkan, di semua desa yang sulit dialiri listrik, semua sudah dimasukkan di era Idris Syukur 2010-2015. “Kita sangat bersyukur, karena apa yang didambakan masyarakat selama berpuluh-puluh tahun bisa diwujudukan di masa kepemimpinan Idris,” terang Kadir, Selasa 8 September.

Kadir menambahkan, komitmen Idris memasukkan listrik ke pedalaman, patut diapresiasi. Pasalnya, sebelum mantan kandidat doktor lingkungan dan pembangunan di Universitas Brawijaya, Malang tersebut menjadi bupati,  kepala daerah sebelumnya terkesan angkat tangan. “Baru Pak Idris yang berani memberi jaminan ke PLN tentang aliran listrik ke pegunungan, sehingga manfaatnya bisa kita nikmati,” tambah Kadir.

Kendati demikian, beberapa dusun pedalaman lainnya, masih menunggu tahapan masuknya aliran listrik, baik pemasangan tiang, penarikan kabel, maupun meteran listrik yang dipasang di rumah-rumah masyarakat.

Saat menggelar kampanye dialogis, belum lama ini, Idris yang didampingi calon wakil bupati Suardi Saleh, juga menyampaikan komitmennya menyelesaikan persoalan listrik di tempat tersebut, paling lambat satu tahun jika diberikan amanah kembali oleh masyarakat.

“Saya tidak berjanji saja, bisa masukkan listrik dibeberapa daerah, apalagi kalau saya sudah berjanji. Percaya saja, kalau amanah itu bisa dilanjutkan lima tahun kedepan, maka paling lambat tahun depan, listrik sudah masuk. Apalagi, tiangnya segera diangkut,” paparnya.

Selain aliran listrik, infrastruktur pendukung lainnya juga terus digenjot. Seperti pembangunan jalan yang sekitar 70 persen wilayah Barru kini sudah di aspal, maupun yang di beton. Bahkan tahun ini, beberapa jalan ke pelosok juga akan diperbaiki kembali. (*/wik)

loading...
Click to comment
To Top