Ini Komentar Jaksa Agung Soal Eksekusi Mati Gelombang Tiga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Komentar Jaksa Agung Soal Eksekusi Mati Gelombang Tiga

JAKARTA – Eksekusi terpidana mati perkara narkotika gelombang tiga semakin tak jelas. Sampai saat ini, Kejaksaan Agung belum berencana mengeksekusi sejumlah terpidana mati lagi.

Ketika dimintai keterangannya usai melantik sejumlah Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati), Jaksa Agung Muhammad Prasetyo beralasan, pihaknya masih melakukan evaluasi.

“Eksekusi mati sementara sedang kami evaluasi ya, sedang melakukan persiapan, pencermatan-pencermatan,” kata Prasetyo, Selasa (8/9).

Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum Kejagung itu pun beralasan, saat ini pihaknya tengah fokus mengawal pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. “Sekarang kan kita sedang fokus untuk pembangunan, lebih digalakkan lagi. Sekarang orientasi kejaksaan pun ke sana,” katanya.

Karena itu, Prasetyo mengatakan, tidak mungkin pihaknya mengeksekusi di tengah fokus pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini.

“Tentunya kami tidak mungkin melaksanakan beberapa masalah dalam waktu bersamaan kan? Konsentrasi pada pengawalan dan pengamanan pembangunan dulu,” pungkasnya.

Korps Adhyaksa selaku eksekutor terakhir mengeksekusi mati sejumlah terpidana narkotika pada April 2015 lalu. Termasuk duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Namun, saat itu dua terpidana, Mary Jane Fiesta Veloso dan Serge Atloui selamat dari moncong senjata pasukan Brimob yang membantu eksekusi di bawah kendali jaksa. (boy/jpnn)

To Top