Kejati Teliti Berkas Sekkab Tator – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Kejati Teliti Berkas Sekkab Tator

FAJARONLINE, MAKASSAR – Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Suselbar meneliti berkas tersangka kasus dugaan korupsi pembebasan lahan Bandar Udara (Bandara) Mengkendek Tana Toraja 2011 dengan terperiksa Sekretaris Kabupaten Tana Toraja, Enos Karoma.

“Berkas sedang dikaji jaksa peneliti,” ujar Kepala Seksi Penuntutan, Muhammad Ahsan Thamrin, Selasa 8 September.

Ahsan mengatakan jaksa peneliti selanjutnya menentukan apakah unsur perbuatan melawan hukum dalam kasus tersebut memenuhi syarat formil dan materil untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar.

Dijelaskan, dalam berkas perkara itu Enos disangkakan telah melanggar pasal 2 dan pasal 3 undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi. Enos kata Ahsan, selaku ketua panitia pengadaan tanah tidak menjalankan tugas dan wewenangnya sehingga dinilai terjadi penyimpangan.

Satu di antaranya Enos tidak membentuk tim penilai harga tanah. Juga tidak melibatkan instansi Badan Pertanahan Nasional Tana Toraja sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden nomor 36 tahun 2005 jo peraturan presiden nomor 65 tahun 2006 tentang pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan kepentingan umum.

“Bila nantinya hasil penelitian jaksa menyatakan bukti sudah lengkap, maka kasus itu diserahkan ke jaksa penuntut. Kami akan kembalikan ke penyidik bila alat bukti belum lengkap,” katanya. (ida)

To Top