5. 446 Atlet Perebutkan 945 Medali – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

5. 446 Atlet Perebutkan 945 Medali

FAJARONLINE, BANDUNG— Opening ceremony Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII 2015 Jawa Barat dilaksanakan hari ini, Kamis malam, 10 September di Stadion Siliwangi, Bandung.

Pada Popnas tahun ini diikuti sebanyak 5.446 atlet dari 34 provinsi. Khusus untuk kontingen Sulsel mengutus 113 pelajar. Nantinya mereka akan memperebutkan total medali 945 keping yang terdiri atas 274 emas, 274 perak, dan 397 perunggu.

Ada 20 cabor yang akan dipertandingkan. Diantaranya, angkat besi, atletik, bola basket, voli indoor, voli pasir, bulu tangkis, dayung, gulat, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak bola, sepak takraw, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, dan tinju.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Syamsuddin Umar menargetkan, Sulsel bisa menembus 10 besar. Memperbaiki posisi pada Popnas sebelumnya di Jakarta, 2013 lalu. Kala itu, hasil akhir kontingen Sulsel menempati peringkat 15. “Kita harap Popnas kali ini Sulsel bisa lebih baik,” ucap Syamsuddin Umar.

Ketua Kontingen Sulsel, Hery Sumiharto menjelaskan, target yang dipasang kontingen Sulsel realistis terhadap beberapa hasil akhir yang diraih atlet ketika mengikuti kejurnas sebelum mengikuti Popnas tahun ini.

“Kita harapkan agar target yang kita ingin capai ini tidak menjadi beban bagi atlet. Justru sebaliknya menjadi pemicu motivasi untuk bisa berjuang keras,” kata Hery.

Adapun Pelatih renang Sulsel, Thamrin Tabe sudah mempersiapkan anak asuhnya untuk berlaga. Menurutnya, perenang Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta juga kuat.

“Air di sini (Jawa Barat) lebih dingin. Jadi kita masih adaptasi. Kita mulai bertanding 11 September. Target kita dua emas,” ujar Thamrin di sela-sela latihan di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia, Rabu sore kemarin. (Laporan: M ASHRI SAMAD, dari Bandung)

 

Popnas XIII 2015 di Bandung Jawa Barat

– Jumlah atlet : 5.446 atlet dari 34 provinsi.
– Kontingen Sulsel : 113 pelajar.
– Medali diperebutkan: 945 keping terdiri atas 274 emas, 274 perak, dan 397 perunggu.
– Jenis olahraga: 20 cabor

loading...
Click to comment
To Top